Ilustrasi rumah ramah anak. (Dok. Sven Brandsma dari Unsplash)

7 Hal Ini Bikin Rumah Lebih Ramah Anak

12 October 2021   |   10:24 WIB

Kehadiran Si Kecil di rumah menimbulkan suasana yang berbeda dengan adanya berbagai tantangan saat merawatnya. Salah satunya adalah menyediakan rumah yang aman bagi si kecil, terutama dari risiko saat dia mengeksplor rumah atau sedang mencari tahu akan sesuatu.

Dengan kecenderungan ini, Genhype bisa mulai menyiapkan berbagai hal yang wajib disiapkan dan diperhatikan agar bisa membangun lingkungan rumah yang aman bagi si kecil. Mulai dari menyiapkan perangkat keamanan hingga memastikan produk tertentu agar sulit dijangkau, simak delapan hal ini yuk!
 

1. Siapkan tempat tidur yang aman

Sebagai salah satu lokasi yang nyaman bagi si kecil, Genhype harus sudah menyiapkan serangkaian tindakan keamanan di tempat tidurnya. Pastikan tempat tidur si kecil jauh dari jendela atau benda bertali seperti kabel dan tali jendela yang bisa ditarik oleh si kecil.

Jangan lupa juga untuk tidak memberikan terlalu banyak barang di tempat tidur pada saat si kecil masih berusia beberapa bulan, tapi ketika dia sudah mulai bisa berdiri dan berguling-guling, barang-barang seperti bantal dan selimut sudah bisa diletakkan dengan pengawasan orang tua.
 

2. Kunci kamar mandi

Kamar mandi adalah salah satu ruangan yang memiliki potensi bahaya yang besar bagi kecil kareka kecelakaan bisa terjadi di dalam ruangan ini, mulai dari tenggelam di dalam bak hingga cedera akibat jatuh atau tergelincir. Karena inilah, Genhype harus menyiapkan serangkaian keamanan bagi si kecil.

Tidak hanya itu, Genhype harus berhati-hati dalam meletakkan obat-obatan atau larutan pembersih di kamar mandi agar tidak mudah dijangkau si kecil.
 

3. Pakai pagar pembatas saat si kecil sudah bisa merangkak

Pagar pembatas merupakan salah satu alat keamanan yang bermanfaat di rumah, terutama ketika si kecil masih dalam usia-usia di mana dia sudah bisa merangkak dan berjalan. Penggunaan alat ini diperlukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan ketika berjalan di tangga atau ke area di rumah yang di luar batas bermain si kecil.

4. Letakan barang berbahaya dari jangkauan anak-anak

Beberapa barang berbahaya seperti larutan pembersih pakaian dan lantai serta deterjen merupakan cairan yang tidak bisa dikonsumsi manusia karena menimbulkan keracunan. Inilah mengapa meletakkan barang-barang dari jangkauan anak-anak seperti di dalam laci tinggi bisa mengurangi risiko tersebut.
 
1
2


SEBELUMNYA

Atmosfer Planet Pluto Mulai Menghilang, Ada Apa?

BERIKUTNYA

Jobseeker Merapat! Yuk Ikutan Virtual Career Fair Jobstreet Oktober Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: