Best new cookbooks for hunkering down during the pandemic. Peloton recalls pedals on 27,000 exercise bikes after reported injuries

Telegram (Unsplash/Eyestetix Studio)

4 Fitur Tersembunyi Telegram yang Jarang Diketahui

11 October 2021   |   18:52 WIB

Telegram telah menjadi salah satu aplikasi perpesanan populer yang digunakan oleh banyak orang, selain WhatsApp. Tercatat, aplikasi yang pertama kali dirilis pada 2013 ini telah diunduh lebih dari 500 juta kali di toko aplikasi Google Play Store. 

Platform pesan instan itu dikenal memiliki sistem keamanan yang memadai dan menyediakan sejumlah fitur menarik, yang tidak dimiliki oleh platform lainnya. Berikut ini adalah beberapa fitur Telegram yang unik dan bermanfaat, yang mungkin belum kalian ketahui:
 

1. Cari teman baru melalui fitur Find People by Location

Bagi kalian yang ingin memperluas jaringan dan mendapat teman baru, fitur ini bisa dimanfaatkan. Jadi, Telegram menginzinkan pengguna untuk menemukan grup dan teman baru berdasarkan lokasi sekitar.

Akan tetapi, pengguna dan grup harus mengaktifkan fitur ini agar bisa ditemukan. Jadi kalau fitur ini tidak diaktifkan, kalian tidak akan bisa menemukan mereka. Untuk memakai fitur itu, pengguna tinggal masuk ke tab Kontak dan memberi izin lokasi saat ditanyakan.

(Baca juga: Lagi Boring? Coba Deh Main Game di Telegram Bareng Teman Kalian)

2. Atur pesan masuk di grup dengan fitur Slow Mode

Sebagaimana diketahui, Telegram mengizinkan pengguna untuk menambahkan anggota di dalam grup dengan jumlah yang sangat banyak, mencapai 200.000 orang. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada jumlah pesan yang diterima.

Untuk menjaga ketertiban, admin grup memiliki fitur Slow Mode, yang bisa menjadwalkan waktu tertentu bagi anggota grup sebelum mereka bisa mengirimkan pesan berikutnya ke grup tersebut.
 

3. Merekam video meeting

Selain platform online meeting seperti Zoom, Google Meet, atau Microsoft Teams, platform Telegram juga bisa digunakan untuk mengadakan pertemuan daring. Pengguna bisa menjadwalkan acara lewat grup, merekam, dan mengirim rekaman ke pengguna lain.

Untuk dapat menggunakan fitur perekaman video meeting, klik tombol Chat dan tekan simbol mikrofon. Sebelum menggunakan fitur, ini, pastikan kalian sudah memberikan izin akses aplikasi untuk mengambil gambar dan video.
 

4. Data yang lebih aman dengan Private Channel

Telegram juga menawarkan fitur unik dan khas yakni membuat kanal yang bersifat pribadi dengan fitur Private Channel. Menariknya kanal ini dapat dipersonalisasi sehingga bisa lebih aman untuk menyimpan data atau pesan penting.

Untuk membuat kanal ini, pengguna iPhone perlu masuk ke tab Chats, pilih opsi New Message di sudut kanan atas aplikasi dan pilih opsi New Channel. Sementara pengguna Android tinggal masuk ke Chat, pilih simbol pensil, dan pilih New Channel.


Editor: Avicenna
SEBELUMNYA

Penyelenggara Pastikan Penerapan Prokes di GIIAS 2021

BERIKUTNYA

Ariana Grande Berikan Donasi Senilai Rp71 Miliar untuk Terapi Gratis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: