Aplikasi perpesanan (Unsplash/Dimitri Karastelev)

Ketahui Cara Memanfaatkan Telegram buat Mengasah Keterampilan

23 August 2021   |   16:20 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Layanan atau aplikasi pesan instan seperti WhatsApp hingga Telegram saat ini telah digunakan untuk banyak keperluan. Tak hanya sebatas berkirim pesan kepada keluarga dan kerabat, aplikasi ini juga digunakan untuk keperluan bisnis dan belajar.

Dalam aplikasi perpesanan instan, ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan salah satunya adalah untuk meningkatkan kemampuan atau keterampilan personal. Misalnya di aplikasi Telegram yang memiliki fitur kanal (channel) untuk berbagai hal.

Banyaknya jenis kanal yang ada di Telegram dengan bahasan yang berbeda-beda, dapat membantu kita untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan guna mengembangkan potensi diri.

1. Karier dan Pengembangan Diri
Dalam aplikasi Telegram, ada banyak kanal yang membahas tentang karier dan pengembangan diri. Dari masa awal membangun pekerjaan hingga profesional. Beberapa kanal yang bisa kalian ikuti misalnya @Bisikan HRD atau @Skillacademyid, dan masih banyak lagi.

2. Bisnis
Banyak orang yang ingin menjadi pebisnis atau pengusaha, terlebih di situasi pandemi yang menimbulkan dampak dan peluang bagi banyak orang. Beberapa kanal di Telegram yang bisa menjadi tempat belajar seputar bisnis misalnya @OnlineBizSukses, @bisnismillenial, atau @bisnisdigitalid, dan lain sebagainya.

3. Bahasa
Memiliki kemampuan dan keterampilan berbahasa lokal dan asing dengan baik akan dapat meningkatkan nilai di berbagai skenario kehidupan. Untuk belajar bahasa asing di aplikasi perpesanan ini, ada beberapa kanal yang bisa diikuti seperti @Belajar_BahasaKorea, @BeasaJepang, dan lain-lain.

4. Kecantikan
Peningkatan belanja online akibat pandemi seringkali didominasi oleh barang-barang kecantikan dan perawatan diri. Ini membuktikan banyak orang yang ingin memiliki pengetahuan dan kemampuan merawat diri dengan baik. Kanal Telegram seperti @KlikBiarCantik atau @skincareroleplayer dan yang lainnya bisa membantu memberi informasi tentang hal ini.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Trailer Spider-Man: No Way Home Bocor Sebelum Rilis Resmi

BERIKUTNYA

5 Tips Menciptakan Suasana Jadul di Rumah dengan Dekorasi Barang Antik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: