Ilustrasi pembaruan baru Telegram (dok: Telegram Blog)

Intip Fitur-Fitur Telegram Terbaru, Buruan Update Yuk!

01 August 2021   |   12:34 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Kabar gembira datang bagi kalian para pengguna Telegram. Karena aplikasi pesan instan itu baru saja menghadirkan pembaruan dengan sejumlah fitur tambahan yang membuatnya makin mudah dan nyaman digunakan.  

Salah satu pembaruan yang menonjol terdapat pada fitur panggilan video. Lewat pembaruan "Panggilan Video Grup 2.0" kini Telegram bisa digunakan untuk mengadakan kuliah daring dengan peserta mencapai ribuan orang.

"Panggilan video grup Telegram memungkinkan hingga 30 pengguna menyiarkan video dari kamera dan layar mereka. Sekarang 1000 orang dapat menonton apa saja mulai dari kuliah daring hingga pertarungan rap langsung," demikian pernyataan Telegram melalui blog resminya dikutip Minggu (1/8/2021).

Telegram menyatakan masih akan terus mengembangkan fitur tersebut dan membuatnya bisa ditonton lebih banyak orang sekaligus. Tentunya ini perlu diwaspadai oleh platform khusus konferensi video seperti Zoom, Cisco Webex, Microsoft Teams, dan lain-lain.

Pembaruan lain yang juga dihadirkan oleh Telegram adalah "Pesan Video 2.0". Kini, video yang dikirimkan melalui aplikasi tersebut memiliki resolusi yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Pengguna hanya perlu mengetuk sekali untuk memperluas tampilan video dan menampilkannya dengan resolusi yang lebih tinggi.

Hal yang sama juga berlaku untuk perekaman video secara langsung dari aplikasi, alih-alih menggunakan aplikasi kamera bawaan ponsel.

"Untuk merekam pesan video, ketuk ikon mikrofon di bilah pesan untuk beralih dari rekaman pesan suara ke video. Tekan dan tahan untuk merekam, lalu ketuk ikon kamera untuk beralih kembali," papar Telegram.

Pengguna juga dapat menjeda dan pesan video yang dibuat dari aplikasi secara langsung. Selain itu, pengguna juga bisa merekam pesan suara dan audio latar belakang.

Telegram juga memberikan opsi pengaturan kecepatan pemutaran video. Video yang dikirim melalui aplikasi tersebut kini dapat ditonton dalam kecepatan 0,5x, 1,5x atau 2,0x.

"Di Android, Anda juga dapat menekan dan menahan tombol 2X saat memutar pesan suara atau video untuk beralih antara kecepatan pemutaran 0,5x, 1x, 1,5x, dan 2x," ungkap Telegram. 

Panggilan video Telegram 1-on-1 sekarang juga memungkinkan pengguna berbagi layar dengan audio. Terdapat pula fitur pengaturan interval hapus otomatis baru untuk menghapus pesan setelah satu bulan.

Setelah menerima pembaruan ini, pengguna Telegram bisa membuat gambar yang jauh lebih bagus sebelum dikirimkan kepada teman-temannya atau grup. Bahkan, khusus untuk Telegram Desktop disiapkan editor foto tersendiri yang mudah digunakan.

"Aplikasi Telegram Desktop sekarang memiliki editor foto sendiri untuk memotong, memutar, atau membalik gambar – dan menambahkan gambar atau stiker. Unik untuk desktop, versi yang Anda edit dapat dikirim sebagai file yang tidak dikompresi dengan menghapus centang pada kotak Kompres Gambar," demikian disampaikan Telegram.

Pembaruan lainnya yang juga dihadirkan oleh Telegram adalah penggunaan animasi dalam kata sandi, pengaturan baru pemulihan kata sandi, kemudian penambahan emoji baru.  

Terakhir, khusus untuk pengguna iOS, disiapkan integrasi khusus  dengan aplikasi kamera di iOS. 

Dengan adanya integrasi itu, pengguna dapat beralih ke kamera zoom atau wide saat mengambil foto langsung di aplikasi Telegram.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Slipknot Rilis Video Penghormatan untuk Mendiang Drummer Joey Jordison

BERIKUTNYA

Bersiap, Film Serial Hawkeye Segera Tayang di Disney+

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: