Ilustrasi kegiatan anak dan orang tua. (Dok. CDC dari Unsplash)

8 Cara Mengajarkan Kemandirian pada Anak

11 October 2021   |   08:54 WIB

Kemandirian merupakan hal yang bisa diajarkan kepada anak sejak dini dengan berbagai cara. Tentu saja, hal itu akan bermanfaat bagi Si Kecil untuk jangka panjang. Setidaknya ada delapan kemampuan yang bisa diajarkan kepada anak dengan cara-cara yang sederhana.
 

1. Manajemen waktu

Kemampuan untuk mengelola waktu merupakan hal yang harus bisa dilakukan bagi semua orang dari berbagai kalangan dan usia. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat jadwal serta pengingat untuk berbagai kegiatan penting seperti pekerjaan sekolah dan istirahat dengan cara yang asyik dan menarik.
 

2. Membuat keputusan

Enggak hanya orang dewasa yang harus memiliki kemampuan dalam membuat keputusan, anak-anak juga harus bisa melakukannya sejak dini. Untuk si kecil, Genhype bisa memulainya dengan memberikan keputusan tentang makanan apa yang ingin dia makan, mainan yang ingin dimainkan, dan lain-lain. 

Hal ini nantinya bisa membuat si kecil belajar akan dampak baik dan buruk serta konsekuensi yang diterimanya dari keputusan tersebut. Nantinya, dia juga bisa mengevaluasi keputusan tersebut serta belajar untuk meningkatkan kepercayaan diri dari sana.
 

3. Inisiatif untuk memulai duluan

Meski orang tua atau Genhype biasa terlibat dalam membantu si kecil, enggak ada salahnya untuk membiarkannya menentukan arah dari berbagai hal seiring dengan berjalannya waktu. Dari sini, di kecil akan belajar untuk mengarahkan berbagai hal, menentukan dan menyadari berbagai hal secara mandiri, serta meningkatkan kepercayaan diri.
 

4. Memimpin diri sendiri

Kepemimpinan diri adalah hal yang juga bisa diajarkan kepada si kecil, di mana hal ini bisa diajarkan dengan memberikan kesempatan dan memotivasi dirinya untuk berbicara atau bertindak. Ini bisa diajarkan melalui aktivitas berargumen tentang sebuah hal yang tidak disetujui dan memberikan pendapat kepada orang lain.
 
1
2


SEBELUMNYA

3 Tips Mengelola Keuangan untuk Biaya Medis Tak Terduga

BERIKUTNYA

6 Alasan Kenapa Merias Wajah Membuat Kita Bahagia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: