Konsumsi daging berlebihan dapat memicu penyakit ginjal (dok. Pexels)

9 Kebiasaan yang Bikin Ginjal Rusak

10 October 2021   |   15:19 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Ginjal memiliki peran penting dalam tubuh kita. Organ vital ini membantu menghilangkan limbah, cairan ekstra, serta asam dari tubuh untuk menjaga keseimbangan air, garam, dan mineral yang sehat. Tanpa keseimbangan ini, saraf, otot, dan jaringan lain dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. 

Untuk itu, penting loh menjaga ginjal tetap sehat. Nah, ternyata ada sejumlah kebiasaan yang justru dapat merusak ginjal. Apa saja? Berikut daftarnya dilansir dari Times of India, Minggu (10/10/2021) :

1. Tidak cukup bergerak.
Duduk terlalu lama dikaitkan dengan perkembangan penyakit ginjal. Gaya hidup yang tidak banyak bergerak dapat berdampak negatif pada kesehatan ginjal. Sedangkan aktivitas fisik yang teratur dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah dan metabolisme yang lebih baik, yang baik untuk kesehatan ginjal.

2. Kurang minum.
Tetap terhidrasi membantu ginjal untuk membersihkan natrium dan racun dari tubuh. Minum cukup air juga membantu menghindari batu ginjal. Orang dengan masalah ginjal diharuskan minum lebih sedikit cairan, tetapi orang dengan ginjal yang sehat harus minum 3-4 liter air setiap hari.

3. Makan terlalu banyak daging.
Protein hewani menghasilkan asam dalam jumlah tinggi dalam darah, yang dapat berbahaya bagi ginjal dan menyebabkan asidosis. Asidosis adalah suatu kondisi di mana ginjal tidak dapat menghilangkan asam cukup cepat.

4. Diet tinggi garam
Diet ini dapat meningkatkan tekanan darah dan dengan demikian berisiko terkena penyakit ginjal. Alih-alih garam, kamu bisa menambahkan rasa pada makanan dengan bumbu dan rempah-rempah. Ketika kamu mulai melakukannya, lama kelamaan kamu akan mulai merasa lebih mudah untuk menghindari garam.

5. Makanan olahan
Makanan ultraproses ini sarat dengan natrium dan fosfor. Orang yang menderita penyakit ginjal harus menghindari makanan kemasan karena kandungan asupan fosfor yang tinggi bisa berbahaya bagi ginjal dan tulang.

6. Terlalu banyak konsumsi gula.
Berlebihan dalam mengonsumsi gula dapat menyebabkan obesitas, yang meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes, keduanya dapat menyebabkan penyakit ginjal. 

Jadi, kamu harus berhati-hati dalam mengonsumsinya, tidak hanya gula tambahan tetapi juga gula tersembunyi. Hindari biskuit, bumbu, sereal, dan roti putih karena semuanya mengandung gula tersembunyi. Baca kemasannya dengan cermat sebelum membeli makanan apa pun.

7. Menggunakan obat penghilang rasa sakit secara berlebihan
Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), yang tersedia tanpa resep akan membantu mengurangi rasa sakit, namun bisa juga merusak ginjal kamu, terutama jika seseorang sudah memiliki penyakit ginjal. Jadi, kurangi penggunaan NSAID secara teratur dan jangan mengonsumsi lebih dari yang direkomendasikan.

8. Kurang tidur
Tidur malam yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Fungsi ginjal diatur oleh siklus tidur-bangun yang membantu mengoordinasikan beban kerja ginjal selama 24 jam.

9. Merokok
Sudah jelas bahwa merokok berbahaya bagi kesehatan. Orang yang merokok lebih mungkin memiliki protein dalam urin mereka, yang merupakan tanda kerusakan ginjal.



Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Yuk Cek Kepribadian Kamu dari Posisi Tidur Ini

BERIKUTNYA

World Mental Health Day 2021, Kenali Depresi & Cara Mengatasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: