Ilustrasi (dok. Unsplash)

World Mental Health Day 2021, Kenali Depresi & Cara Mengatasinya

10 October 2021   |   15:54 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Ada beragam masalah kesehatan mental yang bisa dialami manusia, salah satunya depresi dengan sejumlah alasan yang mendasarinya. Nah, bertepatan dengan World Mental Health Day 2021, kita mengenal depresi dan cara menanganinya yuk.

Mengutip laman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Minggu (10/10/2021), orang dengan depresi dapat mengalami rasa sedih yang berlangsung terus menerus dan hilangnya minat untuk melakukan aktivitas yang biasanya disukai, ditambah kesulitan menjalankan aktivitas sehari-hari. 

Mereka yang mengalami kondisi ini juga biasanya kehilangan energi, nafsu makannya terganggu, kurang atau terlalu lama tidur, merasa cemas, konsentrasi berkurang, sulit mengambil keputusan, gelisah, merasa tidak berharga, bersalah, merasa tidak memiliki harapan, bahkan berpikir untuk melukai diri sendiri hingga bunuh diri. 

Bagi sebagian orang depresi bisa bersifat ringan dan berlangsung dengan cepat, namun juga bisa lebih parah dan berlangsung lebih lama. Tak sedikit pula yang mengalami depresi berkali-kali.

Tetapi tidak perlu khawatir, depresi dapat diatasi loh. Berikut tipsnya, sesuai dengan rekomendasi WHO :

1. Bercerita mengenai perasaan kepada seseorang yang dipercayai cukup membantu agar depresi yang kita alami segera berlalu. Dengan bercerita kepada orang tersebut, kamu bisa mendapat dukungan, kekuatan, dan solusi untuk mengatasinya bersama.

2. Minta bantuan tenaga kesehatan setempat atau dokter juga penting agar depresi kamu bisa ditangani secara tepat.

3. Berusahalah untuk tetap menjalankan setidaknya beberapa aktivitas yang disukai.

4. Tetap berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Kamu akan merasa memiliki support system untuk melewati ini semua.

5. Rutin berolahraga bahkan jika hanya berjalan kaki dalam jarak pendek. Kesehatan mental itu juga dipengaruhi fisik yang bugar loh.

6. Sebisa mungkin tetap menjalankan kebiasaan makan dan tidur seperti biasa ya.

7. Hindari mengonsumsi alkohol dan jangan menggunakan zat terlarang. Tak sedikit memang dua kebiasaan buruk tersebut dipilih mereka yang mengalami depresi. Tetapi percayalah, ini justru dapat membuat depresi jadi lebih parah.

8. Jika merasa ingin bunuh diri, hubungi seseorang yang kamu percaya untuk mendapat bantuan, atau telepon pelayanan gawat darurat.



Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

9 Kebiasaan yang Bikin Ginjal Rusak

BERIKUTNYA

Siap-siap, Film Yuni akan Tayang 9 Desember

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: