Ilustrasi anak yang berkonsentrasi. (Dok. Santi Vedrí dari Unsplash)

6 Kiat Meningkatkan Konsentrasi si Kecil

09 October 2021   |   19:08 WIB

Konsentrasi adalah salah satu hal yang perlu dibangun sejak dini mengingat anak-anak mudah terdistraksi dengan apa yang ada di sekitarnya. Dengan karakter alaminya yang suka mencari tahu, mereka bisa mengalihkan atensi ke sesuatu yang menarik dirinya, baik itu hal yang dia ketahui maupun yang tidak diketahui.

Seringkali kesulitan fokus bisa menjadi hal yang mengganggu hingga pada tahapan anak bisa dimarahi karena hal tersebut. Oleh sebab itu, berikut enam tips mudah untuk meningkatkan konsentrasi pada si kecil.
 

1. Kenalkan dengan permainan

Kemampuan anak-anak dalam menerima pengetahuan di usia dini bisa menjadi kesempatan untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi, dengan memberikan si kecil permainan yang menstimulasi otaknya untuk melakukan hal tersebut. Beberapa pilihan permainan yang bisa dilakukan adalah puzzle gambar, puzzle kata, dan berbagai macam permainan papan.
 

2. Investasi pada nutrisi baik

Makanan punya pengaruh terhadap konsentrasi anak-anak, di mana rasa lapar bisa menjadi salah satu distraksi, sehingga perlu untuk memberikan makanan yang cukup. Enggak hanya itu, jenis makanan yang diberikan juga punya andil dalam kesehatan otak dan kemampuan memori, sehingga pemberian makanan seperti ikan berlemak dan buah-buahan penting baginya.
 

3. Tetapkan rutinitas

Rutinitas adalah hal yang penting untuk berbagai hal, mulai dari manajemen waktu hingga memastikan si kecil bisa fokus dengan kegiatannya sehingga dia bisa menyelesaikannya sesuai dengan rencana.
 

4. Istirahat

Dalam setiap kegiatan, istirahat menjadi hal yang diperlukan karena hal ini bisa memengaruhi kemampuan si kecil untuk berkonsentrasi. Tidak hanya saat jeda antar kegiatan, istirahat juga penting pada saat malam hari, di mana anak-anak perlu meluangkan waktu untuk beristirahat secukupnya sehingga bisa meningkatkan suasana hati dan fokus mereka.
 

5. Pahami potensi dan batasan anak

Memahami si kecil juga menjadi hal yang memengaruhi tindakan Genhype sebagai orang tua. Coba pahami potensi dan batasan yang selama ini dilihat dari si kecil dan tentukan pendekatan pendidikan yang sesuai dengan kecenderungan dan kepribadiannya. Selain itu, Genhype juga penting untuk membiarkan si kecil nyaman dengan proses yang dijalaninya.
 

6. Berikan penghargaan

Anak-anak memiliki kecenderungan merasa senang dengan adanya penghargaan atas pencapaian mereka, apa pun itu. Genhype bisa berikan penghargaan mulai dari pujian, makanan, camilan, hingga bonus kegiatan yang diinginkan atau memberinya waktu istirahat. Dengan ini, mereka juga bisa memiliki hal yang difokuskan dan bisa lebih giat.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

7 Tips Ini Bikin Riasan Kamu Lebih Cantik

BERIKUTNYA

Gokil, Lagu LALISA Pecahkan 2 Rekor Guinness World Records

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: