Ilustrasi permainan anak. (Dok. La-Rel Easter dari Unsplash)

7 Permainan Seru yang Bisa Tingkatkan Memori Anak

02 October 2021   |   09:59 WIB

Pelatihan memori merupakan salah satu latihan yang harus dilakukan kepada anak sejak dini, di mana hal ini menjadi salah satu cara untuk menguji kemampuan otak mereka dalam mengingat suatu hal. Manfaat yang bisa didapat dari aktivitas ini adalah peningkatan fungsi otak, kekuatan berpikir, perhatian, konsentrasi, dan fokus.

Berbagai permainan sederhana dan mengasyikkan ini bisa dilakukan di rumah oleh Genhype lho!
 

1. Permainan kata-kata berirama

Cara bermain dari permainan ini adalah tentukan sebuah kata, lalu secara bergantian Genhype dan si kecil bisa mencari kata-kata yang seirama dengan kata yang diberikan. Jika kehabisan ide, Genhype bisa ganti katanya. Manfaat yang didapat dari permainan ini adalah pengembangan kosa kata yang mereka kenali.
 

2. Permainan identifikasi bentuk

Coba Genhype memilih sebuah objek yang ada di sekitar kalian dan biarkan anak mengidentifikasi bentuk yang mereka lihat. Hal ini bisa dicoba di rumah maupun saat bepergian sehingga permainan ini cocok untuk menjadi cara Genhype mengenalkan hal-hal di sekitar si kecil.
 

3. Puzzle

Permainan ini bisa meningkatkan kemampuan memori visual mereka dengan menyusun beberapa potongan gambar menjadi satu. Genhype bisa menemaninya mengamati atau membantunya bergantung pada puzzle yang diberikan sesuai dengan usia si kecil.
 

4. Studi gambar

Genhype bisa buat gambar ini sendiri dan biarkan si kecil mengamati apa yang ada pada gambar, lalu buatlah dia menjawab pertanyaan dari apa yang dia lihat atau mintalah dia menggambar apa yang dia lihat.
 

5. Mencari perbedaan

Permainan ini hanya mengandalkan dua buah gambar yang serupa tapi tak sama, di mana si kecil harus mencari perbedaan dari kedua gambar tersebut. Untuk bahannya, Genhype bisa cari di internet dari berbagai sumber edukasi.
 

6. Bercerita

Layaknya permainan kata-kata berirama, awal dari permainan ini dilakukan dengan memberikan satu kalimat yang membuka sebuah cerita. Setelah itu, biarkan si kecil dan kalian membuat sambungan cerita dari apa yang sudah diberikan sebelumnya hingga membentuk sebuah cerita baru.
 

7. Permainan kartu

Ambil 10 pasang kartu yang berbeda-beda lalu tunjukkan kepada si kecil selama beberapa detik. Setelah itu, balikkan kartu dengan bagian belakang menghadap ke atas dan biarkan dia menebak letak dari setiap kartu.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Tergantung Selera, Berikut 4 Tips Memilih Kopi yang Tepat

BERIKUTNYA

Just Beyond Hadirkan Antologi Kisah Fantasi & Mistis yang Menegangkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: