Secangkir kopi (dok. Pexels)

Rutin Minum 3 Cangkir Kopi Bikin Jantung Sehat

10 October 2021   |   08:02 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, sudah berapa cangkir kopi yang kamu minum hari ini? Jangan berlebihan ya sebab sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa jumlah kopi yang kita minum setiap hari berdampak pada risiko serangan jantung, stroke, dan kematian.

Namun jika takarannya pas, kamu justru dapat manfaat dari minuman beraroma yang menenangkan jiwa ini. 

Mengutip Times of India, Kamis (7/10/2021), penelitian dampak kopi ini untuk kesehatan ini melibatkan 468.629 peserta. Mereka dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan konsumsi kopi mereka, antara lain tidak minum kopi secara teratur.
 
ilustrasi serangan jantung
Kemudian ringan hingga sedang atau yang mengonsumsi setengah hingga 3 cangkir kopi, dan tinggi atau lebih dari 3 cangkir kopi per hari.

Studi ini mengikuti peserta selama 10 hingga 15 tahun. Hasilnya disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, status merokok, aktivitas fisik, tekanan darah tinggi, diabetes, kadar kolesterol, status sosial ekonomi, asupan alkohol, konsumsi daging, teh, buah-buahan dan sayuran.

Ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi kopi ringan hingga sedang per hari memiliki risiko kematian akibat semua penyebab yang lebih rendah sebesar 12 persen dibandingkan dengan yang bukan peminum kopi. Peneliti juga menemukan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular 17 persen lebih rendah dan risiko stroke 21 persen lebih rendah.

Sementara itu, analisis pencitraan menunjukkan bahwa dibandingkan dengan peserta yang tidak minum kopi secara teratur, mereka yang minum kopi rutin dalam jumlah ringan hingga sedang juga memiliki ukuran jantung yang lebih sehat dan fungsi jantung yang lebih baik.

Dengan demikian, ditemukan bahwa dalam jangka panjang, minum setegah hingga 3 cangkir kopi setiap hari memiliki dampak yang menguntungkan bagi kesehatan kita dengan mekanisme utama meningkatkan kesehatan jantung.

Adapun waktu yang tepat untuk mengonsumsi kopi dikatakan satu jam setelah bangun tidur dan berhenti setidaknya 10 jam sebelum tidur.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Jangan Panik, Ini Penyebab Gas Motor Naik Sendiri

BERIKUTNYA

BPOM Pastikan Paparan BPA di Air Minum Kemasan Aman

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: