Shakira, Elton John, & Ringo Starr (Dok. Shakira/Elton John/Ringo Starr/Instagram)

5 Selebriti Dunia yang Masuk Laporan Pandora Papers

06 October 2021   |   12:03 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Publik dikejutkan oleh sebuah pengungkapan kebocoran data mengenai skandal penggelapan harta kekayaan dan pajak orang-orang terkaya serta penguasa dunia bernama Pandora Papers. Hal itu diungkap oleh Konsorsium Jurnalis Investigatif Internasional (ICIJ) yang memaparkan data terkait para elite kaya di lebih dari 200 negara dan wilayah di dunia.

Para elite dunia itu memanfaatkan negara-negara yang menjadi surga pajak atau tax haven dan menggunakan perusahaan offshore untuk membeli properti dan menyembunyikan aset kekayaan mereka.

Dilansir dari laman resmi ICIJ, Rabu (6/10), tercatat sekitar 330 politisi dan 130 miliarder yang masuk dalam daftar Forbes yang namanya disebutkan dalam Pandora Papers. Di antara 330 politisi tersebut, sebanyak 35 di antaranya adalah mantan atau pimpinan tinggi suatu negara yang masih menjabat.

Tak hanya pengusaha, politikus dan pemimpin dunia, laporan Pandora Papers juga turut menyeret nama-nama selebriti dunia seperti berikut ini.
 

1. Shakira

 

Shakira (Dok. Shakira/Instagram)

Shakira (Dok. Shakira/Instagram)

Penyanyi asal Kolombia ini dilaporkan memiliki tiga perusahaan offshore yang terdaftar di Kepulauan Virgin Inggris. Ketiga perusahaan itu diresmikan pada April 2019 dan dikelola oleh perusahaan Panama OMC, ketika di waktu yang sama Kementerian Keuangan Spanyol juga menyelidiki keuangan mereka.

Shakira sendiri selama sepuluh tahun terakhir diketahui tinggal di Barcelona, Spanyol, dan menghadapi tuduhan penipuan pajak sebesar US$ 16,83 juta. Menanggapi laporan tersebut, perwakilan hukum Shakira mengatakan ketiga perusahaan itu didirikan murni karena alasan operasional dan komersial dan tidak menikmati keuntungan pajak apapun.
 

2. Elton John

 

Elton John (Dok. Elton John/Instagram)

Elton John (Dok. Elton John/Instagram)

Ikon pop Inggris berusia 74 tahun ini dikenal sebagai salah satu promotor paling penting dalam gerakan melawan HIV/AIDS. Namanya masuk ke dalam laporan Pandora Papers dan tercatat memiliki lebih dari 12 perusahaan yang terdaftar di Kepulauan Virgin Inggris. Suaminya, David Furnish, adalah direktur dari perusahaan-perusahaan tersebut.
 

3. Ringo Starr

 

r

Ringo Starr (Dok. Ringo Starr/Instagram)

Musisi Inggris terkenal lainnya yang muncul adalah mantan drummer The Beatles, Ringo Starr. Dia dilaporkan membuat dua perusahaan di Bahama yang digunakan untuk mengakuisisi bisnis real estate termasuk rumah pribadi di Los Angeles.

Dia juga dikaitkan dengan setidaknya lima Panama trust, beberapa di antaranya adalah asuransi jiwa untuk anak-anaknya serta pendapatan royalti dan pertunjukan langsung.
 

4. Miguel Bose

 

fg

Miguel Bose (Dok. Miguel Bose/Instagram)

Pandora Papers melaporkan bahwa musisi Miguel Bose terdaftar pada sertifikat saham dari sebuah perusahaan offshore yang dibuat di Swiss, Dartley Finance, melalui entitas perbankan swasta, Union Bancaire Privee (UBP) dari Jenewa pada 2016.

Bose juga beberapa kali terlibat dalam masalah dengan Badan Pajak di Spanyol, yang meninjau akun Costaguana SL, perusahaan tempat musisi itu mengelola kepentingannya di Spanyol karena dugaan keringanan pajak.
 

5. Claudia Schiffer

 

;

Claudia Schiffer (Dok. Claudia Schiffer/Instagram)

Supermodel asal Jerman Claudia Schiffer adalah selebriti lain yang ditampilkan dalam Pandora Papers. Dia terdaftar sebagai penerima manfaat dari dua perusahaan offshore yakni Red Balloons Holdings Limited dan The Roxy Trust yang berada di Kepulauan Virgin Inggris, serta empat perusahaan lainnya yang dibuat pada 2017.

Menurut laporan itu, tujuan pendirian perusahaan itu adalah untuk mengelola hak-hak merek dagang mereka.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Tips Merawat Kunci Kontak Sepeda Motor agar Tidak Cepat Longgar

BERIKUTNYA

Prekuel Game of Thrones, House of the Dragon Rilis Trailer

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: