Ilustrasi kunci kontak sepeda motor (dok: Suzuki Indomobil Sales)

Tips Merawat Kunci Kontak Sepeda Motor agar Tidak Cepat Longgar

06 October 2021   |   11:41 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Tidak sedikit pemilik motor yang hanya memperhatikan perawatan pada bagian mesin saja. Padahal bagian-bagian lain juga penting untuk dirawat, salah satunya kunci kontak. Risiko yang mungkin harus kalian hadapi jika tidak memperhatikan perawatan kunci kontak adalah menjadi longgar dan akhirnya kunci menjadi mudah sekali lepas.

Kalian sudah pasti tidak ingin jika tiba-tiba kunci hilang entah dimana saat sedang berkendara di jalan umum bukan? Karena itulah sebaiknya lakukan perawatan kunci kontak kalian secara rutin. Cara merawat kunci kontak supaya tetap awet dan tidak cepat longgar tidak terlalu sulit dan kaliancuma perlu menyisihkan waktu beberapa menit untuk melakukan perawatannya.

Berikut adalah caranya menurut Suzuki Indomobil Sales:


1. Selalu tutup penutup kunci saat kunci dilepas

Hampir semua motor buatan 2012 ke atas sudah dilengkapi dengan penutup kunci, bahkan untuk beberapa tahun terakhir, penutup kunci ini otomatis tertutup saat kunci dilepas. Fungsi penutup kunci ini selain agar lebih aman adalah supaya lubang kunci tidak kemasukan air atau debu.

Ingat, air dan debu yang masuk pada lubang kunci bisa menyebabkan bagian dalam lubang kunci rusak atau berkarat dan nantinya bisa mengganggu pemakaiannya.


2. Semprotkan cairan pelumas

Sesekali lumasi lubang kunci kontak dengan menyemprotkan cairan penetran. Ini akan membuat kunci kontak bisa tetap berfungsi normal. Namun ingat ya jangan pakai oli bekas yang justru bisa  mengotori kunci kontak.

(Baca juga: Mulai Ditinggalkan, Ini 5 Keunggulan Motor Bebek)
 

3. Kunci macet? Jangan Dipaksakan!

Jangan sekali-kali memaksakan kunci kontak saat tiba-tiba macet. Kenapa? Karena berisiko membuat lubang kunci rusak dan longgar.

Jika kunci macet, coba semprotkan cairan pelumas atau tetesi sedikit oli atau minyak dan tunggulah beberapa menit lalu coba putar kunci pada posisi ON dan OFF. Ingat, jangan memakai oli bekas ya!
 

4. Pakai gantungan kunci yang ringan

Gantungan kunci bertugas untuk membantu pemilik kendaraan lebih mudah menemukan kunci saat ia lupa menaruhnya. Tapi ingat, gantungan pada kunci yang terlalu berat bisa membuat lubang menjadi longgar.

Itulah beberapa tips merawat kunci kontak agar awet. Jika kalian mengalami masalah dengan kunci kontak, segeralah bawa motor kalian ke bengkel terdekat, jangan dipaksa! 


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Mau Bawa Sepeda Lipat Naik KRL Commuter Line? Simak Dulu Tips Ini

BERIKUTNYA

5 Selebriti Dunia yang Masuk Laporan Pandora Papers

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: