Facebook (Unsplash/Alex Haney)

Ini Penyebab Layanan Facebook, Instagram, hingga WhatsApp Down

05 October 2021   |   12:13 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Warganet di dunia dikejutkan dengan tidak berfungsinya layanan aplikasi jejaring sosial dari Facebook Group semalam. Ini mencakup seluruh platform di bawah naungan perusahaan yakni Facebook, Messenger, Instagram, WhatsApp, dan Oculus.

Dalam pantauan Hypeabis.id, layanan dari Facebook Group tidak bisa diakses sejak Senin (4/10) malam sekitar pukul 22:40 WIB dan berlangsung berjam-jam. Sebagai informasi pada 2019, layanan Facebook juga pernah tidak aktif selama lebih dari 24 jam.

Adapun, dalam postingan update terbarunya, Facebook akhirnya memberikan sedikit kejelasan mengenai penyebab terjadinya pemadaman yang mematikan layanan-layanan di bawahnya.

(Baca juga: Facebook, Instagram, dan WhatsApp Tak Bisa Digunakan Semalaman)

Disebutkan bahwa tim teknik Facebook telah mengetahui bahwa perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data menyebabkan masalah yang menggangu komunikasi.

"Gangguan pada lalu lintas jaringan ini memiliki efek berjenjang pada cara pusat data kami berkomunikasi, sehingga menghentikan layanan," tulis perusahaan di laman resminya.

Facebook menyatakan bahwa layanan saat ini sudah kembali online dan perusahaan secara aktif bekerja untuk mengembalikan sepenuhnya ke operasi reguler atau kembali ke kondisi normal.

Jadi, berdasarkan informasi resmi perusahaan, kejadian yang menyababkan Instagram, Messenger, WhatsApp, dan Oculus offline semalam adalah akibat perubahan konfigurasi router, bukan peretasan atau upaya mendapatkan data pengguna sebagaimana banyak teori liar yang beredar.

"Kami ingin memperjelas saat ini bahwa kami yakin akar penyebab pemadaman ini adalah perubahan konfigurasi yang keliru. Kami juga tidak memiliki bukti bahwa data pengguna telah disusupi sebagai akibat kejadian ini," tegas perusahaan.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Ramai Angka 30 di Media Sosial, Adele Bakal Rilis Album Baru?

BERIKUTNYA

Machu Picchu Jadi Destinasi Wisata Pertama Netral Karbon di Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: