Ilustrasi Facebook, Instagram, dan WhatsApp (dok: GettyImages)

Facebook, Instagram, dan WhatsApp Tak Bisa Digunakan Semalaman

05 October 2021   |   09:55 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Semalam, warganet di seluruh dunia heboh lantaran mereka tidak bisa mengakses layanan milik Facebook, mulai dari Facebook, Instagram, hingga WhatsApp. Layanan tersebut tercatat tidak bisa diakses selama kurang lebih enam jam. Adapun, di WhatsApp, para pengguna tidak bisa melakukan chat, melakukan panggilan telepon, mengirimkan audio visual, hingga memperbarui status antarpengguna.

Facebook, Instagram, dan Whatsapp tidak bisa diakses sejak Senin (4/10/2021) malam sekitar pukul 22.40 WIB. Laman utama pada Facebook dan Instagram mendadak tidak bisa diperbarui atau di-refresh. 

Berdasarkan pantauan Hypeabis di situs downdetector.com pada Selasa (5/10/2021), terdapat 35.951 laporan yang mengalami keluhan 45 persen tidak bisa akses aplikasi, 29 persen gagal kirim pesan, dan 25 persen mengalami masalah koneksi.

Sementara Instagram, terdapat 99.854 laporan dengan rincian 49 persen tidak bisa mengakses aplikasi dan 26 persen tidak bisa mengakses website, serta 26 persen mengalami masalah koneksi.

Facebook menjadi aplikasi terbanyak yang dilaporkan down yakni 127.593 laporan. Sebanyak 70 persen pengguna tidak bisa akses website, 17 persen masalah pada aplikasi dan 13 persen mengeluhkan koneksi yang eror.
 
Belum ada penjelasan lebih lanjut penyebab dari permasalahan tersebut. Namun yang jelas, masalah tersebut diakibatkan oleh masalah jaringan yang tak dijelaskan secara rinci.

Melalui akun Twitternya, pihak Facebook hanya menyebutkan telah bekerja keras untuk memulihkan masalah ini. Tercatat Facebook mengunggah sejumlah cuitan permohonan maaf sekaligus penjelasan singkat mengenai permasalahan yang dialami para pengguna Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

"Kepada komunitas besar orang dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung pada kami: kami minta maaf."

"Kami telah bekerja keras untuk memulihkan akses ke aplikasi dan layanan kami dan dengan senang hati melaporkan bahwa mereka telah kembali sekarang."


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

5 Alasan Kamu Perlu Lebih Sering Senyum

BERIKUTNYA

Yuk Kenali 5 Karakteristik Rumah dengan Arsitektur Jengki Khas Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: