Ilustrasi orang tersenyum (Dok. Allef Vinicius/Unsplash)

5 Alasan Kamu Perlu Lebih Sering Senyum

05 October 2021   |   09:46 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setiap orang pasti pernah merasakan situasi yang sulit dan tidak nyaman sampai-sampai harus melakukan berbagai upaya untuk mengatasinya. Akan tetapi, pernahkah kamu menghadapinya dengan senyuman? Mungkin terdengar remeh, tetapi senyum juga salah satu cara manusia mengatasi keadaan yang cukup ampuh.

Senyum bisa meluluhkan hati yang sedang sulit. Bahkan, seorang terapis menyarankan seseorang perlu sering tersenyum untuk menjaga semangat tetap tinggi dan meningkatkan suasana hati.

Mengolah dari berbagai sumber, berikut ini adalah 5 alasan kenapa kamu perlu sering senyum dari biasanya.

1. Senyum bisa menjadi ‘sihir’ menghadapi masalah
Jika kamu sedang bermasalah dengan seseorang dan tidak bisa menghindarinya, cobalah untuk tersenyum padanya, bahkan kalau perlu beri dia pujian.

Meskipun dia berperilaku sebaliknya, ada kemungkinan justru sikap manismu akan ‘menyihirnya’ dan akan membuat mereka merasa malu dengan perilakunya. Sekalipun itu tidak berhasil, setidaknya kamu sudah berhasil melalui momen tidak mengenakkan itu dengan baik.

2. Senyum bisa mengatasi stres
Ketika kamu tersenyum juga bisa membuat tubuh melepaskan hormon endorfin yang mampu mengurangi dan menyingkirkan hormon stres. Mereka yang secara alami sering tersenyum diketahui lebih cepat pulih dari depresi.

Selain itu, senyum juga memiliki kemampuan layaknya morfin dalam membantu meredakan stres dan mengurangi persepsi rasa sakit di otak.
 

 Andrea Piacquadio

Senyum bisa membuat tubuh melepaskan hormon endorfin yang mampu mengurangi dan menyingkirkan hormon stres (Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

3. Senyum adalah bahasa universal
Bayangkan diri kamu berada di suatu negara asing dan kamu tidak cukup mahir dengan bahasa setempat. Ketika seperti itu, hal yang bisa kamu lakukan salah satunya adalah tersenyum. Itu akan menjadi pesan positif pada seseorang yang melihatmu, ditambah senyum juga merupakan simbol perdamaian dan cinta.

4. Senyum bisa menyingkirkan negativitas
Menangis terkadang menjadi pilihan termudah untuk dilakukan ketika seseorang merasa stres, kelelahan, tegang, atau kesal.

Namun, tampaknya kamu harus mencoba tersenyum ketika menghadapi situasi itu untuk bisa menyingkirkan semua emosi negatif dan menggantikannya dengan energi positif. Meskipun terdengar tidak realistis, setidaknya hal ini perlu dicoba untuk mengatasi situasi atau masalah tertentu.

5. Senyum penting untuk meningkatkan kepercayaan diri
Jika kamu sedang merasa tidak percaya diri atau insecure, tersenyumlah pada diri sendiri dan katakan bahwa ‘kamu punya dirimu’.

Sekalipun kamu merasa tidak mampu melakukan sesuatu, setidaknya tersenyumlah meskipun itu palsu. Bukan tidak mungkin, senyum palsu itu pun bisa meningkatkan suasana hati kamu.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Jadwal Film & Serial Terbaru di Disney+ Hotstar Oktober 2021

BERIKUTNYA

Facebook, Instagram, dan WhatsApp Tak Bisa Digunakan Semalaman

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: