Ilustrasi orang sedang makan. (Dok. Pablo Merchán Montes dari Unsplash)

5 Makanan Ini Pengaruhi Suasana Hati & Bikin Semangat

03 November 2021   |   21:36 WIB

Ketika suasana hati terasa kurang baik, makanan bisa menjadi salah satu alternatif dalam membuat seseorang merasa lebih baik. Akan tetapi, ada beberapa makanan yang cenderung tinggi akan kandungan gula, garam, atau lemak yang justru bisa memicu bahaya bagi tubuh.

Alih-alih mengonsumsi sesuatu yang kurang baik, intip lima hidangan yang bisa dikonsumsi sebagai alternatif untuk meningkatkan suasana hati.
 

1. Omelet bayam

Kombinasi telur utuh (kuning dan putih telur) dan bayam mengandung asam amino bernama tirosin yang bisa meningkatkan reflek dan reaksi tubuh saat masuk ke dalam pencernaan. Kehadiran zat ini bisa membantu produksi dopamin dan epinefrin yang membantu menjaga otak agar tetap awas.
 

2. Dark chocolate batangan

Cokelat batangan jenis dark chocolate bisa menjadi alternatif untuk meredakan stres. Dengan jenis cokelat yang mengandung minimal 75 persen kokoa, cokelat ini dinilai bisa mengurangi stres dalam 14 hari konsumsi sebagaimana ditunjukkan dalam sebuah hasil penelitian di Amerika Serikat. 

Selain itu, cokelat ini juga bisa membantu mengurangi keinginan untuk konsumsi makanan kurang sehat yang tinggi gula, garam, dan lemak.
 

3. Kiwi

Genhype sedang kelelahan? Konsumsi buah kiwi yang identik dengan rasa asam bisa menjadi opsi untuk menghilangkan atau mengurangi rasa lelah berkat kandungan vitamin C, di mana kandungan ini bisa mengaktifkan enzim dalam tubuh yang terkait dengan produksi zat kimia dalam otak dan energi.

Ini dibuktikan dengan studi dari Selandia baru yang menunjukkan mereka yang mengonsumsi dua buah kiwi sehari selama enam pekan bisa mengurangi kelelahan dan menambah energi dibandingkan mereka yang mengonsumsi setengah buah saja.
 

4. Bluberi

Antioksidan dalam buah bluberi ternyata bisa membuat pembuluh darah dalam tubuh menjadi lebih lebar, sehingga aliran darah ke otak dan kemampuan kognitif bisa meningkat beberapa jam setelahnya. Bluberi yang disarankan dalam konsumsi ini adalah bluberi mentah, bukan bluberi yang dimasak.
 

5. Ikan salmon

Asam lemak omega-3 dalam ikan salmon dikenal dengan sejumlah manfaatnya bagi jantung dan beberapa organ tubuh lain, tapi ternyata asam lemak ini juga punya manfaat baik bagi suasana hati. Hal ini bisa terjadi karena asam lemak tersebut punya efek antidepresan yang bisa meningkatkan ukuran dan kemampuan otak, terutama yang berkaitan dengan suasana hati dan regulasi emosi.

Editor Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Yah! 4 Kafe Gundam di Jepang Bakal Tutup Warung Nih

BERIKUTNYA

IU, BTS & Lisa BLACKPINK Sabet 4 Nominasi Mnet Asian Music Awards 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: