Ilustrasi (Dok. Deco Kogoya/Unsplash)

5 Kota Terdingin di Indonesia, Genhype Sudah Kunjungi yang Mana?

29 September 2021   |   19:37 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype tentu sudah tahu kalau Indonesia dikenal sebagai negara beriklim tropis. Hal itu disebabkan letak Indonesia secara geografi berada di lintang garis khatulistiwa atau berada di tengah Bumi, bukan di bagian utara atau selatan. Hal itu membuat mayoritas daerah di Indonesia memiliki paparan sinar matahari yang relatif tinggi, sehingga cuacanya menjadi lebih sering panas.

Meskipun dikenal sebagai negara beriklim tropis, nyatanya ada beberapa kota di Indonesia yang memiliki suhu dingin lho Genhype. Hal itu sebagian besar dipengaruhi karena beberapa kota tersebut berada di daerah dataran tinggi.

Mengolah dari berbagai sumber, berikut 5 kota terdingin di Indonesia yang juga merupakan tempat wisata populer, dirangkum oleh Hypeabis.id.

Baca jugaBukan Antartika, Ternyata Kota Terdingin Dunia Ada di Rusia


1. Mulia (Papua)

Kota yang menempati posisi pertama terdingin di Indonesia adalah Mulia. Daerah itu berlokasi di Kabupaten Puncak Jaya Wijaya, Papua, dengan ketinggian 2.448 mdpl. Dengan level ketinggian tersebut, suhu kota Mulia bisa mencapai 9 derajat celcius pada malam hari.

Baca juga3 Item Ini Wajib Dipakai saat Liburan di Tempat Dingin

Bahkan, suhu tersebut bisa mencapai rekor suhu terdingin di Indonesia atau berada di titik beku. Oleh sebab itu, kita tidak perlu heran jika daerah Pegunungan Puncak Jaya Wijaya terkenal dengan saljunya.


2. Berastagi (Sumatra Utara)

Berastagi merupakan kota terbesar kedua di dataran tinggi Karo setelah Kota Kabanjahe. Berada di ketinggian lebih dari 1.300 mdpl serta diapit oleh dua gunung berapi aktif yakni Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung, membuat Berastagi menjadi kota terdingin di Indonesia.

Destinasi wisata ini juga dikenal sebagai daerah penghasil sayur dan buah terbesar di Sumatra Utara. Biasanya warga sekitar berkunjung saat weekend di Berastagi untuk berlibur.
 

Ilustrasi (Dok. Jesman fabio/Unsplash)

Ilustrasi (Dok. Jesman fabio/Unsplash)


3. Ruteng (Nusa Tenggara Timur)

Kota kecil yang berlokasi di Kabupaten Manggarai NTT ini berada di ketinggian 1.200 mdpl. Dengan level ketinggian tersebut, Ruteng juga dikenal sebagai salah satu kota dengan suhu dingin di Indonesia.

Berbeda dengan kebanyakan daerah di NTT yang cenderung kering, destinasi wisata ini justru memiliki udara yang sejuk.

Jika kamu berkunjung ke Ruteng, kamu akan melihat pemandangan arsitektur modern peninggalan Portugal yang indah yang tersebar di kota tersebut. Tak heran jika Ruteng dijuluki pula sebagai Praha versi Indonesia.


4. Gayo Lues (Aceh)

Gayo Lues merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Aceh, provinsi paling barat di Indonesia. Berada di ketinggian sekitar 1.000 mdpl, Gayo Lues juga merupakan jalur pendakian menuju Gunung Leuser. Tak hanya terkenal suhunya yang dingin, Gayo Lues juga dikenal sebagai kota penghasil kopi terbaik di Indonesia.


5. Padang Panjang (Sumatera Barat)

Berada pada ketinggian sekitar 650-950 mdpl, salah satu kota di Provinsi Sumatera Barat ini memang dikenal dengan udaranya yang dingin dan sejuk.

Selain suhunya yang dingin, curah hujan di daerah Padang Panjang juga terbilang cukup tinggi mencapai 3.295 milimeter per tahunnya. Hal itu disebabkan karena daerahnya yang dikelilingi oleh berbagai gunung seperti Gunung Marapi, Gunung Singgalang, dan Gunung Tandikat.

Padang Panjang sendiri terkenal dengan destinasi wisata religi, alam, budaya, sejarah, dan kulinernya. Kota yang dijuluki sebagai serambi Mekkah ini juga bisa dibilang sebagai kota pelajar karena banyaknya pelajar atau santri yang menuntut ilmu di kota Padang Panjang.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Laptop Gaming Anyar Alienware & Dell G Dirilis, Ini Spesifikasinya!

BERIKUTNYA

Rose BLACKPINK Tampil Simpel di Saint Laurent SS22 untuk Paris Fashion Week

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: