Bihar atau dalam bahasa Basque berarti Esok, menyimpan pesan tentang dampak pemanasan global. (Dok. Instagram Official Ruben Orozco)

Patung Hiperrealis yang Tenggelam di Spanyol Gegerkan Warga Sekitar

29 September 2021   |   17:39 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Sepasang mata menatap dengan kosong dari balik air sungai Nervion di kota Bilbao, Spanyol, membuat heboh penduduk sekitar bahkan polisi pun harus turun tangan untuk memeriksanya. Itu tidak lain adalah sebuah patung hiperrealis yang muncul pekan lalu, karya seniman Meksiko, Ruben Orozco.

Seniman hiperrealis itu membuat menciptakan sosok misterius, yang diberi nama Bihar atau dalam bahasa Basque berarti Esok, sebagai bagian dari kampanye Yayasan BBK—badan amal dari pemberi pinjaman Spanyol Kutxabank—untuk mendorong gaya hidup berkelanjutan serta dampak pemanasan global.

"Tujuannya adalah agar orang-orang sadar bahwa tindakan mereka dapat menenggelamkan kita atau justru membuat kita tetap bertahan," kata Orozco kepada situs berita Spanyol, Nius.
 

Saat pasang surut Sungai Nervion naik dan turun, patung fiberglass seberat 120 kilogram itu terendam dan muncul setiap hari, yang menurut BBK merupakan refleksi dari apa yang bisa terjadi jika kita terus bertaruh pada sistem yang tidak berkelanjutan, yang berkontribusi pada perubahan iklim.

Warga Bilbao terbangun pada Kamis (25/9), pekan lalu setelah karya seni itu dibawa dengan perahu dan diturunkan ke sungai dekat pusat kota pada tengah malam.

Bihar bukanlah satu-satunya karya Orozco yang pernah mengejutkan masyarakat Bilbao.

Dua tahun lalu patung wanita seukuran orang dewasa yang duduk sendirian di bangku taman, bertajuk Invisible Soledad, memicu perdebatan tentang kehidupan orang lanjut usia yang cenderung terisolasi.

Orozco lahir pada 1979 di Guadalajara, Meksiko. Dia adalah seorang pematung yang terkenal berkat karya hiperrealisnya yang populer di media sosial.

Karya-karyanya menggambarkan tokoh-tokoh besar seni seperti José Clemente Orozco, Frida Kahlo, Juan Gabriel, David Bowie, Paus Francisco, Guillermo del Toro, dan bahkan Freddie Mercury.


Editor: Avicenna

Dia menciptakan penggambaran manusia secara realistis melalui patung yang menggunakan silikon, kayu, resin, marmer, bahkan rambut asli.

SEBELUMNYA

Mau Jantung Sehat? Zumba Saja Yuk Bareng Denada

BERIKUTNYA

Reward Anniversary Tak Sesuai Harapan, Genshin Impact Dapat Ulasan Buruk

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: