Genshin Impact. (Dok. MiHoYo)

Reward Anniversary Tak Sesuai Harapan, Genshin Impact Dapat Ulasan Buruk

29 September 2021   |   15:22 WIB

Anniversary atau perayaan tahunan sebuah gim merupakan salah satu perayaan penting bagi developer, karena hal ini bisa memperlihatkan kesuksesan sebuah gim sepanjang tahun. Salah satunya adalah gim gacha Genshin Impact yang merayakan ulang tahunnya pada 28 September.

Meski telah mempromosikan berbagai rangkaian acara yang dilakukan untuk menyemarakkan ulang tahunnya hingga 12 Oktober 2021, gim ini justru mendapatkan respons buruk dari para pemain dan penggemarnya akibat hadiah yang diterima dianggap tidak sesuai dengan ekspektasi.

Hingga berita ini ditulis pada hari ini, Rabu (29/9), gim Genshin Impact di Google Play Store memiliki penilaian 2,8 dari 5. Penilaian ini diprediksi akan terus turun seiring dengan banyaknya ulasan buruk yang masuk. Tercatat, penilaian ini telah dilakukan setidaknya 2,5 juta pengguna.

Berdasarkan laporan Games Radar, kekecewaan penggemar terjadi karena pengembang gim MiHoYo dianggap tidak bisa memberikan reward atau hadiah perayaan yang cukup. Hadiah yang diberikan pada acara ini hanya 10 Wishes yang memiliki nilai Kristal Genesis atau Primogram sebesar USD$20 atau sekitar Rp286.000. 

Tidak hanya itu, sejumlah kejadian di beberapa media sosial Genshin Impact juga dianggap sebagai pemicu masalah, misalnya adanya pembekuan subreddit Genshin dan pemblokiran pengguna yang komplain di forum komunitas Reddit serta pemblokiran pengguna Discord yang mengeluhkan Anniversary Rewards dengan alasan menciptakan lingkungan yang toxic. Keseluruhan hal ini ini diduga dilakukan pengembang Genshin Impact.

Kejadian ini tidak hanya menimpa pada halaman Google Play Store saja, tapi beberapa media yang digunakan Genshin Impact untuk berinteraksi dengan penggemarnya juga ikut diserang. 

Sebut saja Discord yang dispam dengan stiker berlogo khusus yang menggambarkan kekecewaan penggemar dan sejumlah video promosi Genshin Impact di kanal Youtubenya yang menerima jumlah dislike hingga lebih dari 43.000.

Bahkan gim buatan MiHoYo yang lain, Honkai Impact 3rd, juga menerima respons buruk dengan membawa-bawa perayaan ulang tahun Genshin Impact di dalam ulasannya.

Ulasan buruk ini diperkirakan akan terus berdatangan seiring dengan tidak adanya respons dari pihak MiHoYo terkait tindakan atas ekspetasi yang buruk terhadap hadiah ulang tahun mereka.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Patung Hiperrealis yang Tenggelam di Spanyol Gegerkan Warga Sekitar

BERIKUTNYA

Simak Daftar Lengkap & Profil Penerima MacArthur Fellowship 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: