ilustrasi bertani (dok. Tima Miroshnichenko dari Pexels)

Begini 4 Tips Memaksimalkan Pemasaran Produk Pertanian

29 September 2021   |   14:48 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Genhype berkecimpung di sektor pertanian? Jika iya, kalian perlu sejumlah strategi agar dapat tetap menghasilkan cuan di tengah pandemi yang belum kunjung usai ini. Rizky Andika Septiyanzar, Lead of Enterprise CROWDE memberikan beberapa tips penting nih biar hasil pertanian kalian bisa optimal.

Rizky mengungkapkan bahwa di satu sisi pandemi membuat hasil produk-produk pertanian tidak dapat terserap maksimal. Di sisi lain, produk hasil pertanian juga akan selalu dibutuhkan oleh setiap orang.  Agar tetap dapat menghasilkan cuan, Andika berbagi tips yang dapat dilakukan oleh Genhype yang berkecimpung di sektor ini. 

1. Berusaha adaptif dengan situasi/kondisi.

Tidak ada yang mengharapkan situasi pandemi terjadi. Namun, nasi telah menjadi bubur. Perubahan pola konsumen membuat kondisi pasar ikut menyesuaikan sehingga membuat para pemilik usaha membutuhkan strategi yang berbeda. 

Sebagai contoh, konsumen saat ini lebih suka berbelanja kebutuhan secara online. Mau tidak mau, usaha Genhype juga harus beralih ke daring agar dapat menjangkau konsumen yang lebih luas. 

Dengan memanfaatkan media sosial atau aplikasi chatting, Genhype sudah bisa kembali meningkatkan penjualan.

2. Terus berinovasi menggali potensi.

Kondisi yang serba terbatas saat ini perlu didorong dengan melakukan inovasi agar
produktivitas usaha pertanian dapat terus meningkat. Selain itu, inovasi juga diperlukan untuk meningkatkan efisiensi biaya produksi agar lebih menguntungkan. 

Inovasi yang dilakukan bisa berbentuk, misal dari pemanfaatan lahan rawa. Selain itu, penggunaan teknologi pertanian, seperti alat pendeteksi cuaca, pengukur pH, dan pengukur kelembapan tanah, hingga inovasi produk pengolahan hasil panen yang menciptakan peluang baru.

3. Berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Sekarang adalah eranya kolaborasi. Genhype bisa bergabung/bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, seperti pelaku usaha yang sama atau bidang lain, seperti pelaku industri UMKM, pelaku logistik, hingga praktisi pemasaran. 

Hal ini dilakukan agar dapat merumuskan strategi bersama untuk pengembangan proses produksi/budidaya, produk/komoditas pertanian, dan distribusi dan pemasaran.

4. Menargetkan pasar ekspor.

Peluang ekspor hasil pertanian sangat menggiurkan. Pada Agustus 2021, Indonesia baru saja mengekspor 627,4 juta ton produk pertanian ke 61 negara dengan total pendapatan sebesar Rp7,29 triliun. 

Peluang ini bisa Genhype manfaatkan juga dengan coba menghasilkan produk pertanian berkualitas ekspor. Pelajari ilmu baru dan terapkan metode budidaya yang tepat, agar usaha pertanian Anda bisa ikut berkontribusi memenuhi kebutuhan ekspor.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Muncul saat Masa Kandungan, Kenali Risiko Penyakit Jantung Bawaan pada Anak

BERIKUTNYA

Girl Group CRAXY Mulai Comeback dengan Album ZERO

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: