Ilustrasi seseorang minum susu (Dok. Joice Kelly/Unsplash)

Minum Susu saat Sarapan Bisa Turunkan Risiko Diabetes

27 September 2021   |   13:14 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Diabetes merupakan kondisi di mana tubuh kehilangan kemampuannya untuk memproses glukosa dalam darah sehingga penyakit ini juga dikenal sebagai gula darah. Berbagai upaya bisa dilakukan untuk mencegah diabetes salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa menjaga gula darah tetap sehat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Sciencedirect menemukan bahwa mengonsumsi susu saat sarapan bisa membantu menurunkan glukosa darah sepanjang hari lho Genhype.

Para peneliti mengatakan bahwa susu yang dikonsumsi dengan sereal sarapan bisa mengurangi konsentrasi glukosa darah postprandial dibandingkan dengan air. Selain itu, konsentrasi protein susu yang tinggi juga bisa mengurangi konsentrasi glukosa darah postprandial dibandingkan dengan konsentrasi protein susu yang normal.

“Rutin mengonsumsi protein tinggi juga bisa mengurangi nafsu makan setelah makan kedua dibandingkan dengan yang setara dengan protein rendah,” catat hasil studi itu dikutip dari NHS, Senin (27/9.
 

Ilustrasi susu (Dok. Elizabeth Dunne/Unsplash)

Ilustrasi susu (Dok. Elizabeth Dunne/Unsplash)

Ketua Tim Peneliti Dokter Douglas Goff mengatakan susu penting untuk dikonsumsi saat sarapan untuk membantu pencernaan karbohidrat yang lebih lambat dan untuk membantu menjaga kadar gula darah yang lebih rendah.

“Para ahli gizi selalu menekankan pentingnya sarapan yang sehat, dan penelitian ini mendorong orang-orang untuk memasukkan susu ke dalam menu sarapan,” katanya.

Bagi penderita diabetes, disarankan untuk memilih susu skim dan susu rendah. Susu skim setidaknya mengandung  91 kalori, 0,61 gram lemak, 12 gram karbohidrat dan 9 gram protein, sedangkan susu rendah lemak memiliki semua kebaikan susu murni, termasuk kalsium karena yang hilang hanyalah lemaknya.

Sementara itu, selain susu ada pula beberapa minuman sehat lainnya yang bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan gula darah seperti teh herbal, kopi tanpa pemanis, jus sayuran, alternatif susu, smoothie hijau, limun bebas gula, dan kombucha.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Pengaturan Kualitas Udara di Sekolah Bantu Tangkal Covid-19

BERIKUTNYA

Sunghoon ENHYPEN & Jang Won-young Jadi MC di Acara Music Bank

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: