Ilustrasi (Photo by Spacejoy on Unsplash)

Tips Memilih Warna Cat yang Tepat untuk Kamar Tidur

25 September 2021   |   16:06 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Kamar tidur adalah tempat pribadi kita untuk beristirahat dan relaksasi. Baik itu kamar tidur utama, kamar tamu, kamar remaja, atau kamar bayi, warna dinding berfungsi sebagai pengingat apa yang ingin kita rasakan ketika berada di dalam ruangan.

Bagi kebanyakan orang, warna yang tenang dan menenangkan adalah yang terbaik untuk di kamar tidur. Namun, ada juga orang-orang yang mungkin lebih suka warna yang cerah atau warna-warna pastel untuk membantu merasa lebih terjaga, waspada, atau menciptakan suasana romantis.

Warna Netral yang Menenangkan
Warna netral selalu menjadi pilihan yang aman dan klasik untuk sebuah kamar tidur. Warna-warna netral yang populer meliputi:
  • Ivory (Gading)
  • Taupe
  • Hitam
  • Abu-abu
  • Putih
Warna-warna netral bisa jadi latar belakang  yang cerah dan bersih untuk kamar tidur karena mereka bekerja dengan warna-warna cerah lainnya seoerti pada sprei, gorden, karpet, dan pajangan karya seni.

Ketika memilih warna kamar tidur yang netral pertimbangkan pula warna dasar atau undertone pada cat. Misalnya, cat putih jarang yang berwarna putih murni. Cat sering dicampur dengan warna lain untuk menciptakan undertone halus seperti merah muda, biru, kuning, atau coklat.

Undertone ini harus sesuai dengan perabotan, karpet, dan tempat tidur atau perpaduan warnanya tidak akan serasi.

Warna Pastel yang Lembut
Warna-warna pastel yang lembut dan santai menciptakan suasana yang tenang. Warna-warna pastel terbaik untuk kamar tidur meliputi:
  • Baby Blue
  • Lavender
  • Hijau
  • Kuning
  • Merah Muda

Kamar tidur dengan warna dinding pastel tetap bisa terlihat elegan dengan memadupadankan isi kamar dengan sprei atau selimut berwarna abu-abu atau warna pastel yang lebih gelap. Kamu juga bisa menghias kamar dengan perabotan berawarna lebih gelap  sehingga terdapat kontras dan keseluruhan warna ruangan tidak terlalu pucat.

Warna-Warni Ekspresif
Kalau Genhype merasa lebih bahagia ketika melihat warna-warna cerah, jangan takut untuk mewarnai dinding kamar dengan palet warna kesukaan kalian.

Misalnya jika kalian suka nuansa hijau, warna sage, mint atau hijau tua bisa kalian padu padankan dengan aksesoris dan perabotan berwarna netral seperti putih dan abu-abu. Jangan pernah ragu untuk bereksperimen dengan warna oranye koral atau merah marun yang berani.

Ada beberapa pedoman yang perlu diingat ketika memilih warna cat gelap untuk kamar tidur, seperti hitam atau biru laut, terutama jika ruangannya kecil. Agar tidak merasa terkurung dengan warna gelap, kalian cukup mewarnai satu sisi dinding dengan aksen warna yang lebih terang pada sisi lainnya.

Jika Genhype memiliki luas ruangan yang tidak begitu besar, cat salah satu dinding yang lebih panjang dengan warna pilihan untuk menonjolkan panjang ruangan. Perlu diingat bahwa warna terang membuat ruang terlihat lebih besar dan warna gelap membuat kamar tidur tampak lebih kecil. 

Jika ada banyak cahaya alami yang masuk ke kamar tidur, ruangan juga bisa terlihat lebih besar.



Editor:  Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Jaehyun NCT Jadi Idol K-pop Pertama yang Siarkan Acara Runway Prada

BERIKUTNYA

Emporio Armani Rayakan 40 Tahun dengan Gaya di Milan Fashion Week

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: