Ilustrasi anak berlatih berjalan- (Alexander Dummer, Unsplash)

Bunda, Ini 6 Tips Melatih Anak Saat Belajar Berjalan

18 May 2021   |   00:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Berjalan merupakan awal perkembangan penting bagi bayi saat mereka beralih dari digendong atau merangkak perlahan di lantai. Namun, anak mulai berjalan pada waktu yang berbeda-beda. Meskipun begitu, sedikit dorongan dari orang tua dapat membuat mereka berjalan lebih cepat lho.

Coba simak yuk 6 cara atau tips melatih bayi agar cepat berjalan yang perlu diketahui berikut ini.

1. Berlatih sedini mungkin
Untuk langkah pertama, melatih bayi untuk mencoba berdiri tegak dan mengambil langkah-langkah kecil saat mereka berusia sekitar 7  bulan. Ini akan membantu membangun memori otot dan melatih bayi untuk berdiri tanpa bantuan.

2. Biasakan dengan tanpa alas kaki
Menurut  para ahli, berlatih berjalan tidak menggunakan alas kaki akan membantu si kecil merasakan permukaan, mengembangkan postur tertentu yang mungkin tidak terjadi jika dengan alas kaki.

3. Berikan acuan pada pandangan mereka
Bayi merespons dengan sangat baik terhadap alat bantu visual dan nada musik. Menjaga mainan atau makanan ringan favorit mereka pada jarak yang agak jauh terkadang bisa menjadi motivasi bagi mereka untuk berjalan dan mengambil barang. Penelitian mengatakan bahwa suara musik dapat mengasah kemampuan motorik bayi dan mengambil langkah pertama mereka.
 
1
2


SEBELUMNYA

Review Produk Dell Inspiron 14 7000 Laptop Ringan Tetapi Bertenaga

BERIKUTNYA

Unik! H&M Bikin Program Penyewaan Baju Pria untuk Wawancara Kerja

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: