Ketika seni bertemu dengan teknologi blockchain, pintu peluang terbuka semakin lebar. (Photo by Bermix Studio on Unsplash)

Kamu Seniman yang Ingin Terjun ke Dunia NFT? Simak Kiat Berikut Yuk

05 May 2021   |   19:57 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Selama beberapa bulan terakhir, tren terbaru dalam dunia blockchain diramaikan dengan munculnya Non-Fungible Token (NFT) yang mulai merambah di kalangan para seniman.

Sejak tahun lalu, industri token kriptografi yang mewakili kepemilikan digital atas barang-barang unik seperti seni, musik, dan lain lain itu telah tumbuh lebih dari 300%, memicu hiruk-pikuk antara para kreatif, kolektor, dan spekulan yang ingin berbagi bakat mereka dan memamerkan koleksi mereka.

Ini jadi kesempatan emas bagi para seniman yang ingin mengikuti jejak selebritas terkenal seperti Grimes, Steve Aoki dan 3LAU meraup penjualan jutaan dolar.

Namun, penting untuk terlebih dahulu memahami lanskap industri, serta mencari peluang terbaik bagi seniman untuk terhubung dengan penggemar baru di ranah kripto.

Fotografer JN Silva dan seniman ThankYouX berhasil membentuk kolaborasi dan meluncurkan NFT pertama berjudul "Thank You New York" di platform NFT populer NiftyGateway.
 

Thank You New York Open Edition by ThankYouX and JN Silva

Thank You New York Open Edition by ThankYouX and JN Silva



Kedua seniman yang populer di kalangan para pesohor ini berbagi tiga tips penting bagi para seniman yang ingin mencoba peruntungan di blockchain dengan karya mereka.

1. Memanfaatkan komunitas NFT.
Tempat terbaik untuk memulai perjalanan di dunia NFT adalah dengan bergabung bersama para seniman di komunitas NFT,

Dari obrolan Clubhouse hingga Twitter yang dinamis, calon seniman NFT dapat terhubung dan mendapatkan saran dengan artis yang sudah setengah mapan di industri ini.

Jauh lebih mudah untuk bergabung dan mulai mengikuti artis yang Anda sukai dan menyaksikan bagaimana komunitas berinteraksi satu sama lain.

"Ukuran komunitas ini relatif kecil sehingga setiap orang biasanya bersedia membantu satu sama lain. Jika kamu membutuhkan sesuatu, kamu dapat mengirim direct message ke artis yang dituju dan kemungkinan besar kamu akan mendapatkan banyak saran bermanfaat," kata Silva.

2. Tetap otentik dengan apa yang karyamtawarkan
Seperti halnya pasar yang berkembang pesat, godaan bisa muncul untuk meluncurkan NFT yang mencerminkan narasi hype terbaru.

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa di sisi pencipta, industri ini melahirkan beberapa artis paling berbakat yang ditemukan dan belum ditemukan di seluruh dunia. Seiring pertumbuhan industri, industri ini pasti akan menjadi lebih kompetitif.

"Ada platform demokratis yang akan memungkinkan Anda untuk membuat daftar karya seni secara instan dan yang lebih kompetitif yang membantu promosi untuk rilis karya. Masing-masing menawarkan pro dan kontra yang berbeda," kata ThankYouX.

3. Pasarkan dirimu dengan percaya diri
Sebagian besar artis NFT paling terkemuka, seperti Beeple, terus-menerus berinteraksi dengan penggemar mereka di Twitter dan platform media sosial lainnya.

Saat menjalin hubungan pribadi, semakin mudah menjual karya seni karena bagian dari proses pembelian itu tidak hanya menghargai sebuah karya seni, tetapi juga menghargai seniman di balik karya tersebut.

Jika Anda baru memulai, luangkan waktu untuk memasarkan diri Anda sendiri, jaga koneksi Anda tetap mutakhir dengan perjalanan Anda di industri NFT.

SEBELUMNYA

Begini Ragam Gaya Arsitektur Indonesia Dari Masa ke Masa

BERIKUTNYA

Konsep Rumah ini Dinilai Cocok Diterapkan pada Masa Pandemi, yang Lain Minggir Dahulu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: