Ilustrasi kombucha (Dok. Freepik)

Manfaat Kombucha sebagai Produk Perawatan Wajah

24 September 2021   |   13:33 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

'Obat' mujarab kombucha makin populer di kalangan pemerhati kesehatan berkat manfaat antioksidan restoratifnya, yakni sifat penambah kekebalan tubuh. Selain dinikmati sebagai minuman, kombucha juga disebut dapat memberikan manfaat bagi kulit.

Dalam beberapa tahun terakhir, hubungan antara usus kita dan bagian tubuh lainnya telah dieksplorasi secara luas, dengan hubungan antara kesehatan usus yang baik dan jantung yang sehat, serta sistem kekebalan yang kuat, dan mempertahankan metabolisme yang baik.

Kombucha adalah teh fermentasi yang dibuat menggunakan kultur simbiosis bakteri dan ragi atau SCOBY.

SCOBY adalah lapisan yang mengambang seperti agar-agar yang berfungsi sebagai kultur starter, dan bila dikombinasikan dengan teh, gula, dan air, perlahan-lahan memfermentasi minuman, memberikannya rasa getir dan komposisi teh yang berbuih.

Menurut sebuah penelitian di Journal of Gastroenterology and Hepatology, kombucha juga dapat membantu mengurangi peradangan kulit, yang merupakan kabar baik bagi penderita eksim dan jerawat.

Kombucha mengandung asam organik dan probiotik alami, yang telah terbukti meningkatkan penghalang kulit dan mempengaruhi hidrasi kulit, dan menjaga keseimbangan alami kulit, sehingga mengurangi jerawat.

“Bahan-bahan fermentasi yang mengandung probiotik dapat membantu memperbaiki kondisi kulit yang meradang dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini dan menambahkan probiotik ke dalam perawatan kulit kami akan membantu [menciptakan] mikrobioma kulit yang lebih sehat dan meningkatkan kekebalannya untuk melawan racun dan bakteri lingkungan,” kata Inna Knyazevych, co-owner IN-GLO Med Spa, seperti dikutip www.bareminerals.com.

Salah satu cara yang paling sederhana adalah dengan menggunakan SCOBY sebagai sheet mask.  Bentuknya yang tipis dan bulat memberikan kemiripan dengan sebagian besar sheet mask yang dibeli di toko, kalian bahkan dapat memotong lubang untuk mata, hidung, dan mulut jika diperlukan.

Cukup letakkan di atas wajah yang sudah dibersihkan dan diamkan selama 5-15 menit, lalu bilas dan keringkan.

SCOBY juga dapat dicampur ke dalam berbagai jenis emolien alami seperti minyak kelapa atau shea butter. Ini membuatnya mudah digunakan dalam resep perawatan kulit DIY seperti krim, masker, atau body oil.

Di samping itu, kombucha adalah bahan yang bagus untuk digunakan dalam toner atau tonik rambut, yang diencerkan dengan air yang sudah disuling.

Genhype dapat menambahkan beberapa tetes essential oil favorit untuk manfaat dan aroma tambahan.

Adapun, menambahkan satu atau dua cangkir kombucha ke bak mandi atau rendaman kaki adalah cara lain untuk mendapatkan manfaat pelembut kulit. Untuk manfaat tambahan, kombinasikan dengan garam epsom atau bath oil favorit kalian.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Genhype, Perhatikan 4 Hal Ini Ketika Membeli Essential Oil

BERIKUTNYA

Info-Info Menarik dari Nintendo Direct 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: