Ilustrasi (Photo by doTERRA International, LLC from Pexels)

Genhype, Perhatikan 4 Hal Ini Ketika Membeli Essential Oil

24 September 2021   |   13:17 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Essential oil atau minyak atsiri adalah senyawa cair yang diperoleh salah satunya dengan menyuling berbagai bagian tanaman, seperti kelopak bunga, rumput, buah, akar, batang, dan daun. Senyawa tersebut diketahui mempunyai berbagai khasiat, di antaranya membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Penggunaan essential oil saat ini kian diminati oleh masyarakat, terutama karena kondisi pandemi COVID-19 saat ini. Alhasil, semenjak essential oil ini marak digunakan, bermunculan berbagai merek dan pilihan yang semakin beragam. 

Sebagai pengguna, kita harus makin waspada ketika memilih agar memilih produk yang terjamin kualitasnya dan kemurniannya. Jangan sampai termakan harga murah atau pengaruh iklan, tanpa mengetahui detail tentang kualitas dan kandungan dari essential oil tersebut.

Brand Manager Bonnels, Cicilia Elisabeth, mengatakan konsumen perlu lebih cermat dalam memilih dan membeli produk seperti essential oil. 

"Karena produk ini penggunaanya secara umum dapat dioleskan di kulit atau di-diffuse dengan alat diffuser, sehingga secara tidak langsung aromanya juga akan terhirup, maka sebelum membeli sebaiknya konsumen mencari tahu kandungan, manfaat hingga sertifikasi dari produk essential oil tersebut," ujarnya melalui siaran pers.
 
  • Pilih Essential Oil dengan Manfaat Sesuai Kebutuhan 
Dengan makin banyaknya merek essential oil yang beredar, konsumen perlu cermat memilih agar mendapatkan essential oil dengan kualitas bahan-bahan alami terbaik dan bermanfaat untuk tubuh. 

Pelajari informasi tentang merek essential oil tersebut sebelum membeli dan pastikan konsumen mendapat kejelasan tentang informasi merek.

Cari tahu apakah merek tersebut mengeluarkan produk essential oil dengan bahan-bahan alami yang memberikan manfaat untuk tubuh atau hanya berupa minyak aromaterapi dari bahan sintetis. Sebab, keduanya memiliki manfaat berbeda sehingga konsumen perlu memilih sesuai manfaat yang diharapkan.
 
  • Cek Kandungan dari Produk Essential Oil.
Setiap produk essential oil memiliki kandungan yang berbeda-beda, namun produk yang komposisi bahan-bahan kandungannya seratus persen terdiri dari bahan alami saja tidak akan menunjukkan adanya bahan tambahan lain pada komposisi bahannya. 

Konsumen bisa mengecek komposisi kandungan tersebut pada informasi yang tertera di kemasan produk atau botol produk.

Apabila informasi komposisi ini tidak tersedia, tidak lengkap atau tidak detil tertera pada produk atau kemasannya, maka kemurnian kandungannya tidak dapat dipastikan dan ada kemungkinan produk sudah ada campuran bahan lainnya. 
 
  • Memiliki Nomor BPOM
Hal selanjutnya adalah memastikan bahwa produk essential oil yang dikeluarkan sudah  memiliki nomor izin edar dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Dengan memiliki sertifikasi tersebut artinya baik produk maupun keterangan pada kemasan produk sudah melalui proses pemeriksaan sesuai aturan BPOM, dan informasi yang disampaikan kepada konsumen melalui produk dan kemasannya dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan aturan yang berlaku di Indonesia.
 
  • Cek Informasi Peringatan pada Kemasan.
Merek yang bertanggungjawab akan memberikan informasi berupa peringatan pada konsumen terkait penggunaan produk essential oil

Contoh peringatan yang penting adalah hati-hati terhadap kulit yang sensitif terhadap bahan yang terkandung pada produk ini. Peringatan ini dapat mengingatkan konsumen untuk lebih berhati-hati dalam memilih essential oil yang sesuai dengan kondisi kulit masing-masing. 

Dengan mencantumkan peringatan yang penting di kemasan, menandakan bahwa merek essential oil tersebut bertanggung jawab untuk memberikan informasi yang dibutuhkan konsumennya dan turut menghindarkan konsumen dari resiko pemakaian yang salah. 

Dengan lebih berhati-hati dalam memilih produk essential oil, kita akan mendapatkan manfaat essential oil dengan kualitas terbaik dari alam yang sangat baik untuk tubuh.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

5 Waktu Paling Tepat untuk Mendengarkan Podcast

BERIKUTNYA

Manfaat Kombucha sebagai Produk Perawatan Wajah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: