NIKI (kiri atas), Rich Brian (tengah bawah), dan Warren Hue (kanan atas) saat press gathering kolaborasi soundtrack film Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings dengan 88rising. (Dok. Marvel Studios

Artis 88rising Ceritakan Kolaborasi Soundtrack Film Shang-Chi

22 September 2021   |   20:30 WIB

Perilisan film Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings enggak lepas dari soundtrack orisinalnya yang berkolaborasi dengan sejumlah artis Asia dan Amerika melalui album Shang-Chi dan The Legend of The Ten Rings: The Album yang telah dirilis pada 3 September 2021. Kali ini, beberapa artis yang berpartisipasi di dalamnya yaitu NIKI, Rich Brian, dan Warren Hue yang berasal dari Indonesia.

Shang-Chi dan The Legend of The Ten Rings: The Album merupakan album yang terdiri dari 18 lagu dengan menghadirkan sejumlah artis dari berbagai negara seperti Anderson .Paak, Swae Lee, Jhené Aiko, Mark Tuan, Saweetie, Audrey Nuna, Guapdad 4000, keshi, 21 Savage, Rick Ross, DJ Snake, dan lainnya.

Dalam konferensi pers bersama ketiga artis, Rabu (22/9), ketiganya berbagi cerita tentang proses di balik layar dari pembuatan lagu-lagu di dalamnya dalam proyek yang melibatkan banyak artis asal Asia tersebut. NIKI mengungkapkan bahwa Shang-Chi dan The Legend of The Ten Rings: The Album merupakan proyek yang berharga baginya dan menjadi langkah besar dari karirnya yang berjalan dengan pelan.

"Untuk bisa menjadi bagian dari proyek besar di mana Anda merasa direpresentasikan dan dipandang sebagai artis Asia adalah mimpi yang menjadi kenyataan dan saya merasa sangat terhormat untuk menjadi bagian dari album ini," tutur NIKI.

Dia juga bercerita bahwa baginya kesempatan yang tidak disangka-sangka ini sangat menyenangkan untuk berkembang dan keluar dari zona nyamannya selama ini, terutama dalam segi kreativitas musik.

"Ini menjadi liburan kecil yang baik dari taman bermain kreatif saya dan terbang ke tempat lain. Ini menstimulasi tidak hanya untuk melakukannya dengan santai dan dengan senang. Kadang kepergian bisa menjadi sesuatu yang menyegarkan dan sedikit pergi dari apa yang biasa saya lakukan adalah hal yang mengasyikkan," tambahnya.

Sementara itu, Rich Brian dan Warren Hue sama-sama berbagi bahwa proyek ini menjadi sesuatu yang membawa pengalaman baru yang organik bagi mereka. Selain karena mereka diberikan kebebasan untuk menciptakan lagu orisinal untuk film ini, alasan lainnya adalah karena sebagian besar produksi lagu dilakukan di rumah mengingat masa pandemi yang belum berlalu.

"Ini sangat keren untuk mengatakan bahwa lagu saya di Marvel dibuat di dalam kamar tamu," kata NIKI.

Untuk inspirasinya sendiri, ketiganya mengeksplor cerita dan imajinasi merkea melalui beberapa cuplikan khusus di dalam film yang kemudian disesuaikan dengan lagu yang akan dibuat. NIKI misalnya, dia berbagi bahwa beberapa lagunya dibuat dari penggalian karakter Xu Xia-Ling yang penuh tekad, mandiri, dan tangguh sehingga beberapa lagunya mencerminkan kekuatan dan ketangguhan.

Berbeda dengan NIKI, Warren Hue mengaku bahwa inspirasi lagu-lagunya didapat daru bagian-bagian film yang dirasa dekat sebagai anak muda Asia. Dia berharap hal ini bisa menginspirasi seniman muda Asia lainnya untuk bisa menciptakan lagu yang dekat dengan masyarakat.

"Saya tidak percaya kami bertiga, seniman muda dari Indonesia, ada di sini bernyanyi di soundtrack Marvel. Ini menunjukkan bahwa apapun sangat mungkin terjadi dan saya tidak sabar untuk melihat apa yang bisa kita capai sebagai orang Indonesia di industri ini," ujar Rich Brian.

Sebagai penutup, Rich Brian berpesan kepada semua artis Asia untuk bisa memanfaatkan kepopuleran sesama artis Asia dan membuat ciri khasnya sendiri. NIKI menambahkan bahwa menjadi diri sendiri penting karena orang-orang pada akhirnya akan tetap menikmati apa yang menjadi ciri khas setiap artis tanpa harus meniru artis lain dan Warren menutupnya dengan seruan bermimpi yang tinggi untuk mewujudkannya.

Ingin mendengar lebih lanjut untuk soundtrack orisinal dalam album Shang-Chi dan The Legend of The Ten Rings: The Album? Simak daftar putarnya di bawah ini!
 


Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Shang-Chi & Representasi Asia dalam Deretan Film Superhero Marvel

BERIKUTNYA

Dad Jokes di Mata Bapak2ID

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: