Resep Bakwan Sayur (dok. PT Kobe Boga Utama)

Bunda, Pakai 5 Trik Ini Biar Anak Mau Makan Sayur

20 September 2021   |   19:57 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Bunda pasti suka geregetan karena anak sulit untuk mengonsumsi sayur. Padahal kelompok makanan ini merupakan sumber vitamin, mineral, dan serat yang bermanfaat untuk tubuh serta merupakan komponen gizi seimbang. 

Jangan marah dulu ya bunda, mungkin ada yang salah dalam pengolahan sayur sehingga anak enggan memakannya. Nah, untuk megatasi hal tersebut, berikut beberapa tips agar anak mau mengkonsumsi sayuran.
 
1. Pilih sayuran segar dan langsung diolah.
Siapa nih yang suka menyimpan sayur lebih dari satu hari di dalam kulkas? Ternyata itu bisa mengurangi kesegarannya loh bunda. Sayuran yang tidak segar pun akan terlihat kurang menarik dan semakin membuat anak tidak berselera menyantapnya. 

Oleh karena itu, semakin segar sayuran akan semakin lezat rasanya. Jadi, bunda jangan malas untuk segera mengolah sayuran yang baru saja dibeli ya. Bila perlu, coba deh bercocok tanam sayuran sendiri di rumah dengan cara hidroponik. 

2. Pilih sayur yang disukai anak dan sajikan bergantian.
Sebagai orang tua, kita harus cermat memperhatikan sayuran mana yang menjadi kesukaan anak. Sajikan berbagai olahan sayuran secara bergantian setiap hari agar anak tidak bosan, dan memperkenalkan anak secara bertahap pada sayuran baru ya.

3. Tambahkan perasan jeruk nipis untuk sayuran pahit.
Ingat, lidah anak-anak sangat sensitif. Oleh karena itu, ada beberapa sayur yang menurut kita rasanya biasa saja namun terasa pahit pada anak-anak. Ini menjadi penyebab mengapa banyak anak yang menolak makan sayuran. Nah, sebagai tipsnya, tambahkan ¼ sendok teh perasan jeruk nipis pada tumisan sayur untuk mengurangi rasa pahit dan memberikan rasa yang lebih seimbang ya bunda.
 
4. Kreasi sajian yang menarik.
Kreatifitas orang tua dituntut lebih untuk membuat sayuran menjadi makanan menarik untuk anak, mulai dari bentuk potongannya, hingga cara masak yang variatif.

Bunda bisa coba nih resep bakwan bayam agar si kecil suka sayuran. Cara membuatnya sederhana kok, sayur bayam yang telah dipotong-potong dicampurkan dengan tepung dan air. Kemudian goreng hingga matang dan sajikan deh. Sayur ga selalu harus direbus dan ditumis kok bunda.

5. Jangan menyerah.
Walaupun anak sudah pernah menolak makan sayur tertentu, bunda harus tetap konsisten menawarkan sayuran untuk dicoba anak ya. Coba terus menu yang variatif, dan usahakan membuat masakan sayur bersama si kecil untuk edukasi dan mengajaknya mencintai sayur-sayuran. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Waspadai 7 Risiko Kanker Paru yang Dialami Legenda Bulu Tangkis Verawati Fajrin

BERIKUTNYA

Yang Yo-seob HIGHLIGHT Kian Melankolis dalam Lagu BRAIN

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: