Ilustrasi penuaan. (Dok. Shiny Diamond dari Pexels)

Ingin Cegah Penuaan? Coba Konsumsi 10 Makanan Ini

13 June 2021   |   10:40 WIB

Mencegah penuaan dini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang secara rutin menggunakan produk kecantikan kulit atau skin care dan ada juga yang melakukan berbagai perawatan dan terapi ke dermatologis.

Tapi, cara termudah yang bisa dilakukan untuk terus tampak awet muda, adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat untuk meningkatkan kadar nutrisi di dalam tubuh. Nutrisi ini bisa didapat dari berbagai macam produk makanan dan minuman yang kaya akan antioksidan, lemak baik, vitamin, dan lain-lain.

Enggak hanya untuk mempertahankan elastisitas kulit dan meningkatkan hidrasi, tapi produk makanan dan minuman ini juga punya manfaat bagi kesehatan fisik dan mental, lho! Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

1. Blueberi
Pada dasarnya, semua buah-buahan beri seperti stroberi, raspberi, dan blackberry punya kandungan antioksidan. Tapi di antara semua itu, blueberi punya kandungan antioksidan tertinggi, sehingga bisa jadi rekomendasi makanan untuk memperlambat proses penuaan dini akibat paparan radikal bebas pada tubuh.

Selain itu, buah ini juga tinggi akan kandungan vitamin C dan E sehingga berperan dalam pencegahan penuaan.

2. Kunyit
Bumbu dapur yang biasa digunakan untuk memasak makanan dan dikonsumsi sebagai jamu ini punya berbagai macam manfaat kesehatan. Curcumin yang ada di dalamnya berperan aktif untuk mencegah penyakit Alzheimer serta memiliki manfaat anti-inflamasi dan menurunkan kadar gula darah.

3. Buah delima
Pernah lihat produk kecantikan seperti masker wajah yang menggunakan bahan buah delima? Nah, ternyata manfaat buah ini untuk kesehatan kulit ada benarnya, lho!

Buah berwarna merah ini tinggi akan kandungan vitamin C yang berperan dalam mencegah penuaan dini serta punicalagin yang mencegah kerusakan pada kolagen serta meningkatkan kesehatan persendian.
 
paprika/istimewa
4. Paprika
Dengan rasa pedas yang ringan hingga sedang, paprika punya kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan fungsi daya tahan tubuh dan metabolisme.

Di saat yang sama, sayuran dengan tiga warna ini juga bisa mengencangkan kulit serta meningkatkan kesehatan rambut dan kuku.

5. Teh hijau
Dikenal dengan penggunaannya yang luas untuk minuman hingga makanan, teh hijau punya manfaat kesehatan terutama meninngkatkan metabolisme tubuh, mengurangi risiko diabetes dan stroke, menurunkan kolesterol, hingga mencegah demensia.

Ini disebabkan karena adanya kandungan anti-inflamasi yang ada di dalam teh hijau, membuatnya dikenal sebagai salah satu superfood dari Asia.

6. Bawang Putih
Bahan yang selalu ada di dapur ini punya manfaat yang baik untuk kesehatan jantung, di mana bawang putih mampu memperlambat kakunya peredaran darah, mencegah artritis, dan menurunkan risiko stroke dengan kandungan anti-inflamasinya.

7. Ikan yang mengandung minyak
Kandungan omega-3 pada ikan yang mengandung minyak seperti ikan salmon dan tuna umumnya dikenal untuk meningkatkan kemampuan memori dan fungsi otak, tapi ternyata lemak baik ini juga mampu mengurangi inflamasi secara efektif yang disebabkan karena stres dan pola makan yang kurang sehat.

8. Timun
Sayuran yang selalu digunakan pada lalapan hingga untuk perawatan kulit ini punya kandungan air yang membantu meningkatkan hidrasi pada wajah serta baik untuk kesehatan tulang dan persendian.
 
brokoli/istimewa
9. Brokoli
Brokoli mengandung vitamin C di dalamnya membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan lignan yang membantu menjaga kesehatan fungsi otak serta mencegah penyakit kritis seperti kanker dan penyakit jantung.

10. Alpukat
Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal pada alpukat memang memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskuler, tapi ada juga kandungan asam oleic yang membantu mencegah kanker dan penuaan dini yang jarang diketahui banyak orang.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Vivaldi 4, Peramban All in One yang Layak Dicoba

BERIKUTNYA

Suka Berburu Produk yang Berkaitan dengan Idola? Ini Kata Psikolog

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: