Ilustrasi sayuran. (sumber foto: Pexels/Ella Olsson)

Lebih Sehat, Cek Resep Olahan Sayur Segar Tanpa Santan Yuk

12 April 2024   |   09:56 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Sayur bersantan menjadi salah satu menu pendamping yang banyak dihidangkan saat Lebaran. Namun sayangnya, hidangan lezat ini tak boleh dikonsumsi berlebihan. Sebab, kandungan santan dalam aneka hidangan Lebaran bisa memicu meningkatnya kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Perlu diketahui, tingkat kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh bisa mendorong risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung. Oleh karena itu, Genhype bisa mengimbangi aneka sayur pendamping ketupat Lebaran dengan olahan sayur segar tanpa santan yang tak lezat. Yuk simak resepnya!

Baca juga: Kaya Sumber Serat, Cek Sayuran yang Manjur Turunkan Kolesterol
 

1. Sayur Lodeh (Tanpa Santan)

Sayur lodeh tetap bisa dinikmati tanpa bahan santan. Jenis sayur berkuah ini juga cocok dimakan bersama sajian lontong. Untuk membuatnya sederhana. Cukup siapkan bahan kacang panjang, pepaya muda, daun salam, serai, lengkuas, dan daun jeruk.

Jangan lupa juga siapkan bumbu pelengkap seperti garam, penyedap rasa, dan gula, serta bumbu halus berupa bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, kemiri, kunyit, ketumbar. Genhype bisa menambahkan ebi pada bumbu halus untuk rasa yang lebih gurih.

Untuk membuatnya, tumis seluruh bumbu halus bersama fengan serai, daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Jika sudah mengeluarkan aroma harum, tambahkan air secukupnya dan biarkan hingga mendidih. Tambahkan potongan kacang panjang dan pepaya muda. Koreksi rasa dengan menambahkan gula, garam, dan penyedap rasa. 
 

2. Sayur Tahu

Hidangan berkuah tanpa santan yang wajib Genhype coba adalah sayur tahu. Dengan bahan tahu sebagai protein, makanan yang terbuat dari kedelai ini cocok diolah dengan aneka sayur seperti kacang panjang dan labu siam. Cukup siapkan tahu, kacang panjang, labu siam, air, dan penyedap rasa.

Jangan lupa menyiapkan bumbu halus yaitu kunyit, ketumbar, bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan kemiri. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak menggunakan api kecil. Tumis hingga matang dan mengeluarkan aroma harum. Kemudian tuangkan air secukupnya. Tambahkan potongan kacang panjang dan labu siam, kemudian masukkan tahu yang telah dipotong dadu.
 

3. Sayur Daun Singkong

Sayur daun singkong yang biasanya dimasak dengan santan juga bisa dinikmati tanpa santan loh Genhype! Cara mengolahnya pun lebih mudah. Cukup siapkan daun singkong, teri medan, serai, daun salam, lengkuas, ketumbar, dan bahan pelengkap seperti gula, garam, dan penyedap.

Untuk bumbu halus, sediakan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai merah, dan kunyit yang sudah diblender. Cara memasaknya, rebus daun singkong hingga lunak. Kemudian tumis bumbu halus dengan sedikit minyak. Masukkan daum salam, lengkuas, dan serai ke dalam tumisan hingga mengeluarkan aroma wangi.

Lalu tuangkan air secukupnya dan masukkan daun singkong yang sudah direbus. Terakhir, tambahkan gula, garam, dan penyedap rasa. Tunggu hingga mendidih dan lauk sayur singkong siap dihidangkan. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Kaya Sumber Serat, Cek Sayuran yang Manjur Turunkan Kolesterol

BERIKUTNYA

Tip Mencari Kerja Setelah Lebaran, Perbarui CV sampai Latihan Wawancara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: