Ilustrasi (Dok. Ivan Samkov/Pexels)

Brokoli & Kembang Kol Bisa Bantu Mengatasi Rambut Rontok

20 September 2021   |   10:11 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu masalah pada rambut yang cukup mengganggu adalah kerontokan. Bukan hanya perlu melakukan perawatan dari luar, mengatasi rambut rontok juga bisa dicegah dengan perawatan dari dalam. Salah satu yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang membuat akar rambut menjadi kuat seperti brokoli dan kembang kol.

Para peneliti dari perusahaan Korea Selatan Gragem Co. Ltd. dan Departemen Bioteknologi di Universitas Suwon menemukan bahwa sulforaphane, senyawa organik yang ada dalam brokoli dan kembang kol, dapat membantu mencegah kerontokan rambut bahkan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Mereka mengungkapkan bahwa senyawa organik yang ada dalam brokoli dan kembang kol menyebabkan peningkatan hampir 7 persen jumlah rambut pada partisipan yang menderita androgenetic alopecia, bentuk umum kerontokan rambut pada pria dan wanita dari berbagai usia.
 

Ilustrasi (Dok. Polina Tankilevitch/Pexels)

Ilustrasi (Dok. Polina Tankilevitch/Pexels)

Ada banyak jenis kerontokan rambut yang bisa berupa penipisan atau kerontokan rambut secara total. Hal itu bisa terjadi secara bertahap atau tiba-tiba termasuk bisa terjadi pada orang tua ataupun muda.

Selain itu, studi tersebut juga menunjukkan senyawa sulforaphane bisa menjadi alternatif pengobatan farmakologis untuk beberapa rambut rontok.

“Untuk pengobatan farmakologis alternatif baru, brokoli dan kembang kol memiliki banyak keunggulan dibandingkan zat sintetis, karena berkhasiat yang tinggi, efek samping yang lebih sedikit, spektrum aktivitas yang luas, dan biaya perawatan yang lebih rendah,” tulis hasil studi tersebut seperti dikutip dari NHS, Senin (20/9).

Sementara itu, kerontokan rambut biasanya bukan hal yang perlu dikhawatirkan, tetapi terkadang itu bisa menjadi pertanda kondisi medis. Jika kamu merasa tertekan dengan kondisi itu, kamu bisa menemui dokter untuk mendapatkan beberapa saran.

Pasalnya, kerontokan juga bisa disebabkan oleh beberapa penyakit seperti stres, penurunan berat badan, pengobatan kanker, dan kekurangan zat besi.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Kemenkes Tegaskan Panggilan Telepon soal Status Vaksinasi adalah Hoaks

BERIKUTNYA

Ini Alasan Posisi Kamera iPhone 13 Menjadi Diagonal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: