Ilustrasi mencari informasi (dok: Unsplash/ Glenn Carstens-Peters)

Kemenkes Tegaskan Panggilan Telepon soal Status Vaksinasi adalah Hoaks

20 September 2021   |   08:20 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Baru-baru ini warganet dihebohkan dengan beredarnya informasi yang diunggah ke media sosial. Pada unggahan tersebut, diinformasikan bahwa salah satu teman mereka mengalami penipuan berkedok cek status vaksin.

Pada status warganet tersebut dinarasikan bahwa korban ditanya apakah telah melakukan vaksin? Jika korban merasa telah melakukan vaksin maka harus menekan tombol angka 1, sebaliknya jika korban merasa belum melakukan vaksin maka harus mengklik tombol angka 2.

Bila korban melakukan perintah untuk menekan salah satu angka tersebut, maka secara otomatis rekening korban akan terblokir serta saldonya terkuras habis.

“Ponsel diblokir, dan informasi PayMe dan perbankan online yang sering digunakannya ditransfer. Semua Orang Perhatian~ Cepat dan teruskan ke lebih banyak orang! Penipuan gaya baru,” demikian narasi dari informasi tersebut.
 
Hoaks yang beredar terkait dengan panggilan cek status vaksinasi (dok: Satgas Covid-19)


Lantas, apakah informasi tersebut benar adanya atau bisa dipercaya kebenarannya?

Juru bicara vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi menegaskan bahwa pesan terkait panggilan telepon soal vaksinasi adalah hoaks.

"Lembaga resmi Pemerintah Indonesia tidak pernah melakukan panggilan menanyakan status vaksinasi warga," ujar Nadia dikutip dari laman resmi https://covid19.go.id pada Senin (20/9/2021).

Adapun terkait rekening korban yang terlanjur mengikuti perintah penelepon maka akan otomatis terblokir dan isinya terkuras tersebut tidak benar sebagaimana penjelasan dari pemerhati keamanan siber, Yerry Niko Boran.

Boran menjelaskan bahwa Kode 1 atau tombol 1 di ponsel tidak memiliki implikasi eksekusi perintah tertentu, kecuali sebelumnya sudah mengklik link tertentu atau link lewat aplikasi tertentu.

Dengan demikian informasi yang beredar di media sosial terkait panggilan telepon dengan modus mengecek status vaksin tersebut tidak benar, sehingga informasi tersebut masuk dalam kategori konten palsu.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Mau Nostalgia Handphone Lama? Produk Nokia Ini Bisa Jadi Pilihan

BERIKUTNYA

Brokoli & Kembang Kol Bisa Bantu Mengatasi Rambut Rontok

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: