Ilustrasi strategi pemasaran (dok: Sampingan)

Simak 5 Strategi Pemasaran Bisnis Jitu Gaet Pelanggan

19 September 2021   |   19:53 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Dari sekian aspek dalam bisnis, pemasaran menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan dengan tepat. Setiap pelaku usaha dituntut untuk memahami strategi memasarkan produk dan layanannya agar usaha yang dijalankan dapat berkembang baik dan pesat.

Dalam kondisi pandemi seperti saat ini utamanya di mana perilaku masyarakat berubah bisnis akan didorong untuk beradaptasi dan menyesuaikan dengan keadaan. Untuk itu, dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat sehingga tidak hanya dapat menggaet pelanggan tetapi juga mempertahankannya.

Head of Business: Field Marketing Sampingan Maria Britta mengatakan pada era digital seperti saat ini, strategi pemasaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan memanfaatkan platform digital.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa produk dan layanan akan lebih tepat jika dipasarkan dengan secara konvensional dan memanfaatkan aktivitas luring dibandingkan dengan daring

"Oleh karena itu, kita harus mengetahui target market serta layanan dan produk yang kita tawarkan terlebih dahulu sebelum memasarkannya ke pelanggan," katanya melalui keterangan resmi yang diterima Hypeabis pada Minggu (19/9/2021).

Maria Britta kemudian merangkum lima strategi efektif yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha untuk memasarkan produk dan layanannya guna menggaet pelanggan. 
 

ilustrasi pelanggan/freepik

ilustrasi pelanggan/freepik



1. Berikan Strategi Pemasaran yang Bervariatif

Tak hanya terpaku pada satu jenis strategi marketing, strategi yang variatif dapat membantu sebuah bisnis untuk menggaet hingga mempertahankan pelanggan. Strategi pemasaran yang berulang mungkin saja sudah tidak efektif bagi pelanggan lama, tetapi bisa gencar dilakukan untuk pelanggan baru.

“Pelaku usaha harus jeli memetakan target audiences-nya, misalnya dapat mengirim newsletter dan email marketing bagi pelanggan secara umum, dan email khusus yang dipersonalisasi bagi pelanggan loyal,” kata Maria Britta.

2. Menggunakan Media Sosial dengan Baik
Media sosial tidak hanya berfungsi untuk mempromosikan sesuatu tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk memperluas jaringan bisnis. Tidak hanya menggandeng pelanggan, anda bisa juga menggandeng para agen dan reseller. Selalu perbarui konten media sosial kalian.

Jangan sampai ketinggalan trending dan berita yang sedang berkembang saat ini. Pastikan bahwa kita berada pada komunitas lingkaran pelanggan dan mitra bisnis. Dengan demikian, pelaku usaha bisa menjaring komunitas bisnis yang sesuai dengan produk yang dipromosikan. 

3. Tidak Mengabaikan Pemasaran Lapangan
Meskipun teknologi memudahkan dalam melakukan pemasaran secara online, bukan berarti pelaku usaha dapat mengabaikan strategi pemasaran lapangan atau secara luring. Hal ini dapat dilakukan memanfaatkan sales kanvas, dimana mereka dapat memberikan visualisasi produk atau layanan kepada pelanggan, selain itu interaksi terhadap calon pelanggan juga dapat lebih personal dengan menyesuaikan intonansi dan bahasa tubuh. 

4. Memanfaatkan Event Marketing
Event merupakan salah satu kanal dan medium yang tepat untuk memperkenalkan produk/layanan kepada pelanggan. Kompetisi dan event ini dapat dilakukan secara luring maupun daring untuk menciptakan kedekatan emosional dan juga rasional antara pelanggan dengan produk atau layanan yang ada. Dengan demikian, peluang mereka untuk melakukan pembelian ataupun mengonsumsi produk akan sangat besar.

5. Membuat Giveaway dan Promo
Membuat giveaway dan promosi juga bisa menjadi salah satu cara yang dilakukan pelaku usaha. Tak hanya dilakukan melalui sosial media, giveaway dan promosi juga dapat dilakukan secara langsung lewat event tertentu yang berkaitan dengan produk serta layanan. Manfaatkan acara-acara yang menarik dan cocok dengan produk dan layanan seperti seminar, diskusi publik, pameran maupun pertunjukkan musik. 

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Begini Cara Gunakan Face Concealer Untuk Tutupi Bekas Noda

BERIKUTNYA

Berwisata Religi ke Masjid Jamae Chulia di Chinatown Singapura

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: