Yayoi Kusama (Untitled, 1965)- Dok. Bonhams

Karya Seni Langka Yayoi Kusama Terjual US$ 15,2 Juta di Rumah Lelang Bonhams

17 May 2021   |   17:59 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Koleksi langka dari karya paling awal oleh Yayoi Kusama terjual dengan total US$15,2 juta di penjualan 11 lot khusus Bonhams dari Kusama bertajuk The Collection of the Late Dr. Teruo Hirose.

Penjualan yang 100 persen terjual itu merupakan rekor lelang dunia untuk satu pemilik koleksi karya seniman itu sendiri. Koleksi paling laris adalah Untitled (1965) yang dijual dengan harga US$4,5 juta.

Koleksi mendiang dokter Hirose terdiri atas tiga lukisan dan delapan karya di atas kertas yang dihadiahkan oleh Yayoi Kusama sendiri kepada dokter itu, teman seumur hidupnya dan dokter yang dia konsultasikan pada tahun awalnya di New York pada 960-an, ketika dia masih seniman muda yang berjuang dan membutuhkan bantuan medis.

Bonhams Global Head of Post-War & Contemporary Art Ralph Taylor mengatakan hasil penjualan menunjukkan antusiasme para kolektor terhadap karya Kusama semakin kuat. 

“Suatu kehormatan untuk membawa tidak hanya satu karya Kusama yang langka, tetapi 11 di antaranya dilelang untuk pertama kalinya,” kata Taylor.

Delapan karya di atas kertas tersebut dikerjakan oleh Kusama sebelum dia tiba di Amerika Serikat pada 1957, dan merupakan landasan praktik dan estetikanya sebagai seorang seniman.

Dilukis ketika dirinya berusia dua puluhan, karya-karyanya menunjukkan asal-usul basis keseniannya serta elemen-elemen polkadot dan citra bunga yang membuat namanya terkenal.

Sebagai seorang seniman dan dokter, hubungan pertemanan Kusama dan Hirose bertemu di New York pada 1960-an ketika Kusama mengunjungi Hirose untuk perawatan medis.

Hirose adalah salah satu dari dua dokter yang bisa berbahasa Jepang di Manhattan dan dia membangun reputasi dalam komunitas yang menyediakan perawatan terjangkau bagi pasien asal Jepang.

Karena Kusama tiba di AS dengan sedikit uang, akhirnya semua perawatan medis yang dia terima dia bayar sisanya dengan menggunakan koleksi karya dan kimono sutra miliknya yang diberikan kepada dokter Hirose juga sebagai hadiah atas kebaikannya.

Editor : Dika Irawan

SEBELUMNYA

Intip 3 Kostum Unik Buatan Desainer Diana M Putri di Ajang Miss Universe 2020

BERIKUTNYA

3 Taman Pelepas Penat saat Liburan ke Korea Selatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: