Yellow Pumpkin karya Yayoi Kusama (Dok. Instagram Yayoi Kusama)

Yellow Pumpkin Karya Yayoi Kusama Hanyut Akibat Topan

10 August 2021   |   14:29 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Yellow Pumpkin, karya seniman avant-garde Yayoi Kusama yang berbentuk labu raksasa berwarna kuning dengan motif polkadot, hanyut oleh angin kencang dan ombak pada 9 Agustus 2021. Walau akhirnya diselamatkan, ikon Pulau Naoshima tersebut rusak parah.

Karya seni ikonik itu semula dipasang di ujung dermaga pada tahun 1994, dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan ke pulau-pulau terpencil di prefektur Kagawa. 

Sejak instalasi seni dipasang, Yellow Pumpkin selalu dijaga di bawah protokol keamanan yang ketat untuk melindunginya dari risiko badai.
 

Menurut Benesse Corp., perusahaan yang memiliki karya seni, ketika badai mengancam Yellow Pumpkin karya Yayoi Kusama, anggota staf langsung dikirim ke lokasi.

Sayangnya, Topan No. 9 datang dengan tidak diduga dan tidak menyisakan waktu untuk menyelamatkan landmark ikonik Yayoi Kusama itu sebelum hanyut ke Laut Pedalaman Seto.

Namun, bersama-sama mereka mengangkat labu raksasa itu dari dermaga, meletakkannya di atas truk dan membawanya ke tempat yang aman sampai badai berlalu.

Karya seni itu dipasang di dermaga pada tahun 1994 dan sejak saat itu menyambut pengunjung ke 'pulau seni' Shikoku di Naoshima.

Akan tetapi, penduduk sekitar dan penggemar karya Kusama kemudian menyaksikan dengan cemas ketika labu terkenal itu berguling-guling di perairan, berakhir dengan retakan yang cukup besar di sisi-sisinya.

Sepertinya untuk beberapa waktu ke depan pengunjung Naoshima mungkin belum bisa bertemu dengan Yellow Pumpkin. Semoga proses perbaikannya berjalan cepat ya, GenHype!


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Simak Dulu Perbedaan Headphone, Headset, Earphone, dan Handsfree, Jangan Tertukar!

BERIKUTNYA

Seru! Lomba 17-an Virtual di Rumah Digital Indonesia untuk Rayakan Kemerdekaan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: