Ilustrasi seorang anak mendengarkan musik menggunakan headphone (Dok: Unsplash/Alireza Attari)

Simak Dulu Perbedaan Headphone, Headset, Earphone, dan Handsfree, Jangan Tertukar!

10 August 2021   |   13:22 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Headphone, headset, earphone, dan handsfree tentunya bukan istilah yang asing bagi banyak orang saat ini. Keempatnya merujuk pada perangkat elektronik dengan fungsi yang sama, yaitu untuk mendengarkan suara secara personal dari satu pemutar suara atau alat komunikasi seperti ponsel pintar.

Headphone, headset. earphone, dan handsfree merupakan perangkat yang berbeda fungsinya satu sama lain walaupun saling beririsan. Namun, banyak yang menganggap bahwa keempatnya adalah perangkat yang sama, dapat digunakan untuk mendengarkan musik dan melakukan panggilan suara.

Ada pula yang tertukar menyebutnya, seperti headphone disebut headset, ada pula yang menyebut handsfree sebagai headset, ada juga yang bilang headset tanpa mikrofon, atau lainnya yang membingungkan.

Agar kalian tidak terus menerus salah sebut berikut, simak dulu perbedaan headphone, headset, earphone, dan handsfree di bawah ini;
 

1. Headphone  

 
Ilustrasi headphone (dok: Unsplash/CDX)



 

Headphone didesain khusus untuk mendengarkan suara saja, terutama mendengarkan musik. Tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi karena tidak memiliki mikrofon seperti headset atau handsfree.

Boleh dikatakan, headphone adalah versi lebih kecil dari pelantang (speaker) mengingat fungsinya yang tak lebih dari menyalurkan suara dari alat pemutar ke telinga pendengar. Seiring dengan perkembangan ponsel pintar, headphone kini mulai mulai ditinggalkan penggunanya.

Mereka kini lebih memilih headset yang dapat digunakan untuk mendengarkan suara sekaligus berkomunikasi dengan mikrofon.


2. Headset

 
Ilustrasi headset (dok: Unsplash/Peter Machacek)

 

Headset adalah perangkat elektronik gabungan antara headphone dan mikrofon. Alat ini biasanya digunakan untuk mendengarkan suara dan sekaligus berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer, misalnya untuk VoIP.

Hal yang menjadi pembeda dari headset dengan headphone selain mikrofon adalah konektor. Biasanya headset mempunyai dua konektor audio, konektor pertama untuk input yakni mikrofon dan konektor kedua sebagai output yakni speaker.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu keduanya digabung hingga kadang kala tak terlihat adanya perbedaan antara headphone dan headset. Penggabungan tersebut juga sejalan dengan berkurangnya jumlah lubang audio 3,5 mm di komputer dan masifnya penggunaan ponsel.


3. Earphone

 
Ilustrasi earphone (dok: Unsplash/Akhsay)

 

Melihat fungsinya, earphone boleh dikatakan sama seperti headphone. Bedanya tentu saja pada ukurannya yang jauh lebih ringkas sehingga gampang dibawa ke mana-mana. Oleh karena itu, earphone lebih sering dipakai untuk perangkat pemutar musik portabel seperti Walkman, MP3 player, dan sebagainya.

Terdapat dua macam earphone yang tersedia di pasaran, yakni earbuds dan in-ear earphone. Earbuds merupakan earphone dengan bentuk klasik atau konvensional yang tidak sepenuhnya menutup telinga seperti in-ear earphone dengan karetnya.


4. Handsfree  

 
Ilustrasi earphone (dok: Unsplash/Abdul)

 
Sama seperti headset yang dikembangkan dari headphone, handsfree merupakan earphone yang diberi tambahan tertentu seperti mikrofon dan tombol fungsi. Lewat tombol fungsi tersebut, pengguna bisa menaikkan atau menurunkan volume suara dan menerima atau memutus komunikasi atau panggilan telepon.

Handsfree bentuknya bermacam-macam. Selain mirip earphone dengan tambahan tombol dan mikrofon di tengah kabelnya, terdapat pula handsfree yang hanya bisa dipasang di satu sisi telinga saja. Handsfree dengan bentuk seperti itu biasanya dikhususkan untuk menelepon, terutama menelpon sambil mengemudi. 



Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Yuk Rayakan Kemerdekaan di Rumah Digital Indonesia!

BERIKUTNYA

Yellow Pumpkin Karya Yayoi Kusama Hanyut Akibat Topan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: