Ilustrasi head unit atau tape mobil (dok: Daihatsu Indonesia)

Tanpa Ribet! Berikut Cara Memasang Tape Mobil Langsung ke Aki

05 December 2021   |   20:32 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Head unit atau tape merupakan salah satu alat yang ada di mobil untuk menambah kenyamanan berkendara. Alat ini akan bekerja jika dipasangkan ke aki kendaraan roda empat dengan benar. Namun, sebagian orang masih kurang familiar dengan hal tersebut.

Sebelum membahas cara memasangnya, ada baiknya untuk mengenal tape mobil. Sebab, alat ini bisa mendukung kenyamanan pengemudi dan dan penumpang ketika mengendarai kendaraan roda empat. 

Tape mobil atau head unit ini akan menjadi alat yang membuat perjalanan tidak merasa jenuh dengan fitur fitur yang disematkan dalam alat tersebut. 

Mengapa demikian? Head unit memiliki perangkat sumber audio yang dalam mengeluarkan suara dalam instalasi audio di mobil. Ada banyak fitur di dalamnya, misalnya saja pengontrol kualitas suara, pengontrol bass audio, dan kombinasi lainnya. 

Selain itu, perangkat ini juga memiliki bermacam macam jenis dari kelas hi-end, mid-end, dan low-end. 

Semakin tinggi kualitasnya, maka semakin lengkap pula fitur yang dibawanya. Tentu cara memasang tape mobil langsung ke aki juga kian kompleks karena komponen yang di dalamnya. 

Akan tetapi secara umum, menurut Daihatsu Indonesia, perangkat audio kendaraan roda empat terdiri dari sumber suara, penghasil suara atau yang dikenal dengan loud speaker, dan penguat atau amplifier. 

Bagi kalian yang memiliki kendaraan roda empat baru, biasanya memiliki head unit atau tape dengan jenis standar. Secara sederhana fitur yang disematkan pada tape tersebut terdiri dari amplifier, loudspeaker, dan head unitnya. 

Selain itu ada juga pengatur kualitas suara dengan tiga macam jenis aliran SQ sound, SQL sound, dan SPL sound untuk kombinasi antara SQ dan SQL. 

Namun, bagi kalian yang ingin lebih upgrade dengan tape yang ada di mobil, maka bisa menggantinya dengan fitur yang lebih canggih. Selain itu, perangkat ini harus disambung dengan aki untuk dapat bekerja sebagaimana mestinya. 

Bagi kalian yang memiliki keahlian dalam memasang perangkat ini, maka bisa dengan mudah mempraktikkan cara memasang tape mobil langsung ke aki. 

Sebelumnya, Anda harus menyiapkan perangkat yang ingin dipasang. Kemudian, siapkan peralatan untuk mendukung pemasangan tape mobil. Alat yang dapat memudahkan Anda nantinya yaitu avometer, obeng, isolasi, insulok, dan tang potong. 

Jika sudah, maka langkah berikutnya adalah membuka dashboard kendaraan roda empat Anda. Lepaskan dulu baut yang ada di dashboard-nya, lalu ambil head unit asli pada mobil Anda.

Kemudian potong semua kabel satu persatu agar tidak terjadi hubungan arus singkat. Di sini Anda akan dihadapkan dengan beberapa pilihan kabel yang berbeda warna. Jadi harus berhati hati. Warna merah arusnya akan lewat kontak, kuning berupa arus langsung, dan hitam ground massa body

Untuk mengganti dengan unit baru, Anda bisa menelusuri arus ACC dan Backup dengan menggunakan Avometer. Kemudian sambunglah kabel sesuai dengan masukannya dan sambung ke tegangannya dulu. 

Cara memasang tape mobil langsung ke aki harus dilapisi dengan solasi agar kabel tidak konslet. Lalu hidupkan semua speaker untuk mengetes pemasangan berhasil. 


Editor:Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Aplikasi Ini Permudah Interaksi Penghuni & Manajemen Properti

BERIKUTNYA

8 Rekomendasi Film Bertemakan Natal di Netflix

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: