Ilustrasi (dok. Pexels)

Nyeri Punggung? Hati-hati Kanker Usus

17 September 2021   |   21:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kamu sering nyeri punggung? Hati-hati loh itu bisa menjadi penanda kanker usus. Untuk itu, jangan abai dan menganggap apa yang kamu rasakan tersebut hanya masuk angin atau terlalu banyak duduk. Bowel Cancer UK dan NHS dalam keterangannya menyebut gejala utama kanker usus adalah pendarahan dari dubur atau adanya darah pada kotoran, perubahan kebiasaan buang air besar yang terus-menerus, dan tidak dapat dijelaskan.

Kemudian penurunan berat badan tanpa sebab, kelelahan ekstrem tanpa alasan yang jelas, hingga sakit atau timbul benjolan di perut. 

Kendati demikian, semua gejala itu juga bisa disebabkan masalah kesehatan lainnya seperti wasir, IBS, penyakit Crohn, fisura anus, sembelit atau diare.

Nah, selain gejala utama di atas, Bowel Cancer UK menyebut bahwa nyeri punggung bisa dikaitkan dengan kanker usus. Nyeri punggung biasanya menjadi penanda obstruksi usus. 

Obstruksi usus terjadi ketika tumor menyumbat usus, biasanya menyebabkan rasa sakit yang tiba-tiba dan gejala nyata lainnya. Dalam beberapa kasus, kanker usus dapat menghentikan limbah pencernaan yang melewati usus. Ini dikenal sebagai obstruksi usus.

Gejala obstruksi usus dapat meliputi sakit perut intermiten, dan kadang-kadang parah yang selalu disebabkan oleh makan, penurunan berat badan yang tidak disengaja dengan sakit perut yang persisten, dan pembengkakan perut yang konstan diiringi rasa sakit. 

Rasa sakit dari obstruksi atau situs kanker dapat menyebar ke punggung kamu loh. “Kamu mungkin juga tidak dapat mengosongkan isi perut atau buang angin. Jika merasa usus tersumbat, segera temui dokter atau pergi ke unit gawat darurat,” tulis Bowel Cancer UK.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Film Indonesia Absen saat Bioskop Buka Lagi, Kenapa Ya?

BERIKUTNYA

Xiaomi Redmi 10, Smartphone Entry Level dengan Kamera 50MP

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: