Ilustrasi (Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

5 Tips Tetap Sehat saat Musim Hujan

14 September 2021   |   20:11 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tidak sedikit orang yang menyukai datangnya musim hujan. Pasalnya, musim hujan adalah waktu yang tepat untuk menikmati secangkir kopi, semangkuk sup hangat, atau menikmati waktu bersama orang-orang terkasih seperti keluarga di rumah. Selain itu, secara ekonomis, musim hujan juga bisa membuat kita cenderung lebih hemat dalam tagihan listrik karena pengurangan penggunaan pendingin ruangan (AC).

Meskipun begitu, musim hujan juga menjadi momen ketika kita akan rentan terkena beberapa penyakit seperti flu dan pilek. Oleh karena itu, perlu beberapa upaya dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan pada musim hujan seperti berikut ini.

1. Selalu bawa atau pakai perlengkapan hujan
Sudah semestinya pada musim hujan Genhype menyediakan payung atau perlengkapan lainnya. Jika perlu, Genhype juga bisa mengenakan sepatu bot ketika bepergian untuk melindungi diri dari kemungkinan virus dan kuman yang terdapat di genangan air hujan di jalan.

2. Lindungi rumah dari nyamuk
Kamu juga perlu untuk memeriksa tempat-tempat di rumah yang kemungkinan bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk seperti selokan, pot tanaman, dan area lainnya. Pasalnya, beberapa penyakit seperti demam berdarah dan malaria juga rentan menjangkit pada musim hujan. Oleh karena itu, pastikan kamu tidak lupa untuk melindungi diri dari nyamuk.
 

Mengonsumsi makanan bergizi adalah salah satu upaya untuk tetap sehat di musim hujan (Dok. Farhad Ibrahimzade/Unsplash)

Mengonsumsi makanan bergizi adalah salah satu upaya untuk tetap sehat pada musim hujan (Dok. Farhad Ibrahimzade/Unsplash)

3. Minum vitamin ekstra
Guna menjaga kesehatan tubuh pada musim hujan, kamu juga perlu memperbanyak mengonsumsi vitamin C, makan makanan yang bergizi, dan minum banyak air. Semua itu akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari kemungkinan flu dan virus yang disebabkan oleh musim hujan.

4. Sering cuci tangan
Bakteri akan lebih aktif selama musim hujan karena lingkungan yang lembap. Oleh karena itu, penting untuk selalu mencuci tangan sebelum melakukan berbagai aktivitas seperti sebelum makan, menyentuh wajah, dan menggendong anak. Kamu juga bisa menyiapkan hand sanitizer di tas ketika kamu pergi pada musim hujan.

5. Tetap up-to-date
Pantau berita dan informasi terbaru di televisi atau media sosial tentang cuaca yang sedang terjadi. Hal itu akan membantu kamu untuk mengetahui kondisi suatu tempat yang mungkin saja ingin kamu tuju atau kemungkinan terjadinya bencana seperti banjir dan badai.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

WhatsApp Uji Coba Fitur Transkrip Pesan Suara di Perangkat iOS

BERIKUTNYA

Google Bakal Luncurkan Android 12 dalam Waktu Dekat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: