Kiri ke kanan: Jordan Roth, Grimes, dan Kim Petras. (Dok. Instagram/Jordan Roth, Iris van Herpen, MTV UK)

Konsep Dune hingga Motif Peta, Ini 5 Busana Unik di Met Gala 2021

14 September 2021   |   20:36 WIB

Met Gala 2021 tidak hanya menghadirkan balutan gaun berbagai bentuk atau setelan dengan variasi desain. Di sana ada juga beberapa setelan dan gaun dengan desain yang unik atau berbeda dibandingkan beberapa desain lain yang umum ditemui di sesi karpet merah.

Hypeabis.id merangkum lima busana berkonsep unik berdasarkan desain, elemen yang digunakan, dan makna di balik kostum yang dikenakan para artis yang hadir di dalam Met Gala 2021. Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya!

1. Grimes
 
Grimes. (Dok. Instagram/Iris van Herpen)
Dengan balutan gaun Bene Gesserit yang dibuat secara khusus oleh desainer Iris van Herpen, masker rancangan Chris Habana untuk film Dune, dan sebuah pedang besi, musisi Grimes tampak unik dengan pakaiannya yang disebutnya sebagai Dune-esque.

Gaun berbahan sutera yang dikenakan Grimes diketahui memiliki detail yang dibuat dengan menggunakan bahan silikon cair yang ditata dengan teknologi laser-cut labyrinth. Tidak hanya itu, van Herpen mengungkapkan gaun ini rencananya akan dilelang di Sothebys pada November 2021 dengan hasil penjualannya yang disumbangkan untuk konservasi Hutan Amazon bersama organisasi Rainforest Trust.

2. Gabrielle Union-Wade
 
Gabrielle Union-Wade. (Dok. Instagram/Iris van Herpen)
Gaun yang datang dari desainer yang sama dengan Grimes, yaitu Iris van Herpen, di mana gaun berwarna putih dengan sedikit unsur silver ini dibuat dengan kain putih 'liquid' berwarna transparan yang dibentuk menjadi bulat dalam berbagai ukuran dan diberi warna silver dengan teknologi lasercut.

Menariknya, gaun yang dikenakan oleh aktris dan sepupu dari penyanyi Saweetie ini dijahit dengan tangan menggunakan teknik ilusi optik multilevel yang membuat terciptanya bentuk ombak. Sama seperti gaun yang dikenakan Grimes, gaun ini juga akan dilelang di Sothebys pada November 2021 dengan hasil penjualannya yang disumbangkan untuk konservasi Hutan Amazon bersama organisasi Rainforest Trust.

3. Kim Petras
 
Kim Petras. (Dok. Instagram/MTV UK)
Gaun berwarna biru bermotif bunga dan tambahan aksesoris kepala kuda tiga dimensi di bagian badan atas membuat penampilan Kim Petras menarik perhatian.

Dalam balutan pakaian rancangan desainer Hillary Taymour dari merek pakaian Collina Strada, penyanyi asal Jerman ini tampak anggun dan unik meski terkesan eksentrik dengan hiasan kepala kuda yang senada dengan warna rambutnya.

Gaun dari Collina Strada ini dirancang khusus untuk Petras dengan rok yang memasukkan elemen motif bunga yang diambil dari koleksi resort 2020 berjudul Sistine Tomato.

4. Jordan Roth
 
Jordan Roth. (Dok. Instagram/Jordan Roth)
Konsep suit-dress tampaknya akan semakin banyak digunakan oleh laki-laki di sesi karpet merah. Jika sebelumnya beberapa artis seperti Lil Nas X dan Jared Leto sempat mempopulerkan pakaian ini, maka kali ini ada produser teater Jordan Roth yang datang dengan setelan suit-dress dan sepatu platform hak tinggi berwarna hijau.

Dengan setelan hasil desain seniman tekstil Michael Sylvan Robinson dan pembuat gaun Bill Bull, produser teater sekaligus pemilik tampak menarik perhatian dengan jasnya yang penuh motif dan warna cerah yang menampilkan berbagai lapisan gambar, metafor, hingga simbol-simbol dengan berbagai makna.

5. Dan Levy
 
Dan Levy. (Dok. Instagram/Jonathan Anderson)
Hadir dengan setelan pakaian rancangan merek fesyen LOEWE, komedian asal Kanada itu tampil pertama kali di Met Gala 2021 dengan setelan bergambar peta yang memberikan pesan ketahanan, cinta, dan kegembiraan terhadap komunitas LGBTQ+. Ide ini datang dari hasil pemikirannya bersama dengan desainer Jonathan Anderson.

Desain buatan Anderson ini dibuat dari hasil karya seniman dan aktivis David Wojnarowicz yang bekerja untuk mengonfrontasi opresi sistematis terhadap komunitas gay dan mengungkap fakta pengabaian yang dialami komunitas tersebut saat puncak krisis penyakit AIDS.



Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Ada Pesta Denim di Met Gala 2021

BERIKUTNYA

Rose Mystica Ajak Peduli Kesehatan Mental lewat Lagu Loved

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: