Google Search di desktop dengan tampilan mode gelap (Google)

Google Rilis Fitur Dark Mode untuk Desktop

12 September 2021   |   13:00 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Raksasa teknologi Google akhirnya merilis fitur mode gelap (dark mode) untuk mesin pencari miliknya pada perangkat desktop/komputer. Pengguna bakal bisa memilih tampilan terang atau gelap yang ingin dipakai di Google sesuai preferensi masing-masing.

Mengutip laporan Arstechnica, Google mulai menghadirkan dark mode ke seluruh perangkat desktop pengguna. Akan tetapi, prosesnya dilakukan secara bertahap hingga beberapa minggu ke depan.

Ini berarti, saat ini fitur tersebut belum tersedia untuk semua akun Google. Sebagian mungkin sudah mulai bisa menerapkannya sekarang juga, sementara yang lain masih harus menunggu hingga beberapa waktu mendatang. 

Untuk mengaktifkan mode gelap di Google Search di perangkat desktop, pengguna perlu membuka menu Pengaturan di laman tersebut, lalu masuk ke manu Tampilan. Jika sudah kebagian, pengguna akan melihat pilihan tema Default, Tema Gelap (dark theme), dan Tema Terang (light theme).

Setelah mengaktifkan fitur tersebut, nantinya pengguna akan mendapat fitur agar bisa mengubah tema secara cepat dari mode satu ke yang lainnya, dan sebaliknya. Tampilan dark mode akan berfungsi di semua bagian Google seperti berita, belanja, buku, dan lainnya.

"Kami senang mengumumkan bahwa mulai saat ini dan sepenuhnya diluncurkan selama beberapa minggu ke depan, Tema Gelap sekarang tersedia untuk halaman Google Search di desktop," kata Google.

Sebelumnya, tepatnya pada pertengahan Mei lalu, Google dilaporkan tengah melakukan uji coba untuk fitur tersebut di penelusuran versi desktop terhadap beberapa penggunanya di sejumlah negara.

Sejak saat itu, sebetulnya pengguna sudah bisa menerapkan mode gelap dengan beberapa trik. Akan tetapi, karena masih berupa uji coba, ada beberapa hal yang belum maksimal. Untungnya sekarang perusahaan telah menyatakan hal tersebut tersedia secara resmi.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Akhirnya, Ryeowook Super Junior Punya Akun Twitter

BERIKUTNYA

Peretas China Berulah, Begini Saran Pakar Keamanan Siber

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: