Penang, Bali, Bangkok, dan Manila Jadi Pilihan Destinasi Liburan Sekolah Terfavorit di Asia Tenggara
16 May 2025 |
00:35 WIB
Memasuki musim liburan sekolah, tren perjalanan di kawasan Asia Tenggara menunjukkan peningkatan minat masyarakat terhadap destinasi regional. Berdasarkan data internal selama periode libur, aplikasi perjalanan AirAsia MOVE merangkum kebiasaan terbaru wisatawan sekaligus memberikan gambaran tentang cara mereka merencanakan perjalanan.
Mereka lebih menyukai terhubung secara digital, mengandalkan aplikasi perjalanan, dan mencari cara yang efisien untuk memaksimalkan pengalaman dengan biaya yang pas di kantong. Dari data tersebut, didapati temuan bahwa wisatawan sudah bersiap menyambut libur sekolah yang juga akan beriringan dengan momentum lebaran Iduladha 2025.
Baca juga: Dubai Jadi Kota Pertama di Kawasan Timur yang Raih Sertifikasi Destinasi Autisme
Menurut Marketing Manager AirAsia MOVE Indonesia Amelia Virginia mengatakan sejumlah kota seperti Penang, Bali, Bangkok, dan Manila menjadi destinasi yang paling banyak dipilih pengguna aplikasi menjelang libur sekolah. “Ini menandakan tingginya minat terhadap destinasi regional yang ramah untuk keluarga dan pasangan,” ujarnya.
Keempat destinasi populer ini menawarkan pengalaman yang beragam. Penang terkenal dengan kuliner jalanan dan situs warisan dunia UNESCO di George Town. Sementara Bali menawarkan perpaduan alam tropis, budaya spiritual, dan pantai yang cocok untuk berbagai jenis wisatawan. Bangkok tak pernah sepi dengan daya pikat pasar tradisional, wisata kuil yang megah, serta kehidupan malanya.
Pada sisi lain, Manila jadi destinasi liburan yang difavoritkan di Asia Tenggara karena atmosfer kolonial Spanyol yang begitu kental, juga pusat belanja modern hingga pantai-pantai eksotis di Filipina.
Selain destinasi favorit, temuan lainnya juga menunjukkan bahwa makin banyak pelancong yang berhitung matang antara harga, kenyamanan, dan manfaat tambahan seperti program loyalitas. “Saat ini para traveler semakin selektif dalam mempertimbangkan harga dan kenyamanan, sambil mengoptimalkan manfaat dari program loyalitas,” kata Amelia.
Perilaku pemesanan juga menunjukkan pola yang cukup khas. Lebih dari 65% pengguna AirAsia MOVE melakukan pemesanan tiket pesawat dan hotel dalam 30 hari sebelum keberangkatan. Ini menandakan kecenderungan merencanakan liburan di waktu yang relatif singkat. Namun, ini bisa berisiko jika dilihat dari sisi fluktuasi harga dan keterbatasan ketersediaan akomodasi saat permintaan tinggi.
Dalam periode yang sama, pengguna aplikasi ini mengumpulkan total lebih dari 360 juta AirAsia points dengan nilai rata-rata penukaran setara sekitar Rp230.000 per transaksi. Poin-poin tersebut digunakan untuk berbagai kebutuhan perjalanan termasuk tiket, hotel, dan produk bebas bea.
Data juga menunjukkan bahwa lebih dari 4.000 kode promo digunakan selama masa liburan Lebaran. Sebagian besar atau 71% pemesanan hotel merupakan kamar untuk dua orang. Mereka mengeluarkan biaya rata-rata Rp1,1 juta per malam untuk penginapan ini.
Hal ini selaras dengan profil mayoritas pengguna yang berasal dari kelompok usia 24 hingga 55 tahun yaitu kalangan Milenial dan Gen X yang umumnya telah berkeluarga atau bepergian bersama pasangan.
Baca juga: 3 Destinasi Berkemah di Sekitar Jakarta untuk Liburan Panjang Akhir Pekan
Mereka lebih menyukai terhubung secara digital, mengandalkan aplikasi perjalanan, dan mencari cara yang efisien untuk memaksimalkan pengalaman dengan biaya yang pas di kantong. Dari data tersebut, didapati temuan bahwa wisatawan sudah bersiap menyambut libur sekolah yang juga akan beriringan dengan momentum lebaran Iduladha 2025.
Baca juga: Dubai Jadi Kota Pertama di Kawasan Timur yang Raih Sertifikasi Destinasi Autisme
Menurut Marketing Manager AirAsia MOVE Indonesia Amelia Virginia mengatakan sejumlah kota seperti Penang, Bali, Bangkok, dan Manila menjadi destinasi yang paling banyak dipilih pengguna aplikasi menjelang libur sekolah. “Ini menandakan tingginya minat terhadap destinasi regional yang ramah untuk keluarga dan pasangan,” ujarnya.
Keempat destinasi populer ini menawarkan pengalaman yang beragam. Penang terkenal dengan kuliner jalanan dan situs warisan dunia UNESCO di George Town. Sementara Bali menawarkan perpaduan alam tropis, budaya spiritual, dan pantai yang cocok untuk berbagai jenis wisatawan. Bangkok tak pernah sepi dengan daya pikat pasar tradisional, wisata kuil yang megah, serta kehidupan malanya.
Pada sisi lain, Manila jadi destinasi liburan yang difavoritkan di Asia Tenggara karena atmosfer kolonial Spanyol yang begitu kental, juga pusat belanja modern hingga pantai-pantai eksotis di Filipina.
Selain destinasi favorit, temuan lainnya juga menunjukkan bahwa makin banyak pelancong yang berhitung matang antara harga, kenyamanan, dan manfaat tambahan seperti program loyalitas. “Saat ini para traveler semakin selektif dalam mempertimbangkan harga dan kenyamanan, sambil mengoptimalkan manfaat dari program loyalitas,” kata Amelia.
Perilaku pemesanan juga menunjukkan pola yang cukup khas. Lebih dari 65% pengguna AirAsia MOVE melakukan pemesanan tiket pesawat dan hotel dalam 30 hari sebelum keberangkatan. Ini menandakan kecenderungan merencanakan liburan di waktu yang relatif singkat. Namun, ini bisa berisiko jika dilihat dari sisi fluktuasi harga dan keterbatasan ketersediaan akomodasi saat permintaan tinggi.
Dalam periode yang sama, pengguna aplikasi ini mengumpulkan total lebih dari 360 juta AirAsia points dengan nilai rata-rata penukaran setara sekitar Rp230.000 per transaksi. Poin-poin tersebut digunakan untuk berbagai kebutuhan perjalanan termasuk tiket, hotel, dan produk bebas bea.
Data juga menunjukkan bahwa lebih dari 4.000 kode promo digunakan selama masa liburan Lebaran. Sebagian besar atau 71% pemesanan hotel merupakan kamar untuk dua orang. Mereka mengeluarkan biaya rata-rata Rp1,1 juta per malam untuk penginapan ini.
Hal ini selaras dengan profil mayoritas pengguna yang berasal dari kelompok usia 24 hingga 55 tahun yaitu kalangan Milenial dan Gen X yang umumnya telah berkeluarga atau bepergian bersama pasangan.
Baca juga: 3 Destinasi Berkemah di Sekitar Jakarta untuk Liburan Panjang Akhir Pekan
Komentar
Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.