Markarian Spring/Summer 2022. (Dok. Markarian, Vogue Runway)

New York Fashion Week kembali dengan Peragaan Busana Luring

11 September 2021   |   18:35 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Setelah hiatus yang cukup lama, lebih dari 90 brand dan desainer akan kembali ke runway di New York Fashion Week untuk mempresentasikan koleksi musim semi 2022 secara luring. Digelar pada 8 September - 12 September 2021, ini menjadi pagelaran pertama sejak pandemi melanda dan jadwalnya cukup padat.

Di antara brand dan desainer yang akan hadir seperti Christian dior, Prabal Gurung, Markarian, Thom Browne, Tom Ford, Michael Kors, bahkan brand Indonesia yang sukses, Erigo yang mempresentasikan koleksi Erigo X-nya Rabu lalu (8/9).

Tetapi pembatasan terkait COVID-19 akan menghilangkan serangkaian cita rasa internasional yang biasa kita lihat sepanjang akhir pekan selama fashion week berlangsung.

Pandemi membuat fashion week pada September 2020 dan Februari 2021 dibatalkan dan sebagian besar acara diadakan secara virtual.
 

Kepala Eksekutif Dewan Perancang Mode Amerka (CFDA) Steven Kolb  meyakini kali ini New York sudah siap dengan pagelaran busana yang diadakan secara langsung, meskipun ada pula beberapa brand yang memilih mempresentasikan koleksi mereka secara daring.

"Tapi ada optimisme, energi dan antusiasme yang nyata untuk kembali ke atas runway secara langsung. Tentu saja, tidak ada yang bisa menandingi sensasi pertunjukan langsung," ujarnya kepada AFP.

New York Fashion Week seperti biasa memulai musim baru sebelum para desainer dan model berkeliling ke London, Milan dan Paris.

Lantaran masih berjalan di tengah kondisi pandemi Covid-19, protokol kesehatan diberlakukan sangat ketat. Seluruh partisipan harus sudah divaksin, diwajibkan untuk mengenakan masker di dalam ruangan (kecuali model) dan jumlah tamu undangan dibatasi.

Menurut CFDA, sekitar 91 acara akan diadakan di luar ruangan sementara yang lain akan memanfaatkan presentasi digital.

"Dengan perjalanan ke AS yang masih tertutup untuk sejumlah negara, tamu internasional pun menjadi lebih sedikit," kata Kolb.

Adapun, pelaksanaan New York Fashion Week kali ini juga berdekatan dengan agenda Metropolitan Museum of Art yang merupakan puncak kalender sosial kota itu. Met Gala rencananya akan diadakan pada Senin (13/9), secara luring.

Acara tahun ini memiliki diversifikasi tamu undangan yang lebih muda di antaranya penyanyi Billie Eilish, aktor Timothee Chalamet, penyair Amanda Gorman dan bintang tenis Naomi Osaka, semuanya berusia di bawah 25 tahun.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Ini Aksi ATEEZ Dalam Teaser Video Klip Eternal Sunshine

BERIKUTNYA

Inspirasi Warna Busana dari Pantone Color Trends di New York Fashion Week

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: