Ilustrasi (dok. Pexels)

Indra Penciuman Menghilang? Waspadai Kanker Nasofaring

10 September 2021   |   21:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kamu perlu waspada jika indra penciuman mulai berkurang bahkan menghilang. Sebab kondisi ini bukan hanya gejala Covid-19 namun bisa jadi tanda dari kanker nasofaring. Kepala Divisi Onkologi KL Departemen THT, FKUI/RSCM dr. Marlinda Adham mengatakan kanker nasofaring adalah kanker yang memiliki gejala yang paling sulit untuk terdeteksi.

Selain nyeri telinga dan hidung tersumbat, kadang kala penyakit ini diawali dengan gejala dini berupa penciuman yang mulai berkurang atau bahkan menghilang. 

Sayangnya gejala sederhana ini kerap dianggap menyerupai infeksi saluran pernapasan atas semata. Tak heran jika kondisi ini membuat pasien kerap abai. 

Marlinda menyebut pasien kerap menunda pengobatan, belum lagi budaya di Indonesia yang masih terlalu khawatir dengan pengobatan kanker sehingga selalu mencari cara pengobatan alternatif ketimbang pergi ke dokter. ya, akhirnya banyak yang terlambat mendapatkan penanganan alias datang pada saat stadium sudah lanjut. 

Adapun beberapa gejala menuju stadium lanjut adalah nyeri kepala hebat, sulit membuka mulut, sulit menelan, pandangan ganda, hingga adanya pembengkakan pada leher.
 
“Ini semua karena kanker nasofaring letaknya tersembunyi, dan nasofaring ini di daerah belakang hidung yang sulit dievaluasi dan hanya bisa dideteksi dengan alat khusus bukan alat umum THT,” tegas Marlinda. 
 
Marlinda menyebut kanker nasofaring ini sangat mudah terinfeksi pada orang yang biasa bekerja di luar rumah. Untuk bisa mendeteksi kanker nasofaring, diperlukan diagnosis klinis yang intensif dalam mengecek setiap detil karena pemeriksaan fisik yang sulit dan lokasi tumor yang tersembunyi. 

Setelah menemukan posisi tumor, penting untuk segera melakukan biopsi primer, imaging, dan terapi. “Ada sejumlah diagnose dan pengobatan radiologi untuk kanker nasofaring misalnya, MRI, CT Scan, foto toraks, USG abdomen, bone scan, dan PET-CT Scan,” jelasnya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Begini 5 Langkah Pemulihan Radang Usus pada Anak

BERIKUTNYA

Perempuan Lebih Rentan Terkena Osteoporosis, Begini Cara Mencegahnya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: