Ilustrasi Clubhouse (dok: Unsplash/William Krause)

Fitur-fitur Baru Clubhouse, dari Pesan Instan hingga Audio Spasial

10 September 2021   |   09:32 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Kabar gembira buat kalian pengguna Clubhouse. Platform media sosial berbasis suara itu menghadirkan sejumlah fitur menarik lewat pembaruan belum lama ini. Beberapa di antaranya adalah tidak perlunya undangan untuk join room, fitur pesan instan, hingga audio spasial.

Mengutip keterangan resminya pada Jumat (10/9/2021), sistem daftar tunggu atau waitlist kini telah resmi dihapus. Dengan demikian, kini semua orang dapat langsung bergabung tanpa perlu menunggu undangan dari pengguna lainnya.

Seperti diketahui, saat pertama kali diluncurkan Clubhouse terkesan begitu eksklusif lantaran pengguna baru harus mendapatkan undangan terlebih dahulu sebelum bisa bergabung.

Melalui pembaruan terbaru itu, Clubhouse juga menghadirkan fitur pesan instan untuk mempermudah komunikasi antarpengguna. Hal tersebut tentunya membuat Clubhouse tak kalah dengan platform media sosial lainnya, baik yang berbasis suara, teks, gambar, maupun video.

Clubhouse juga mempermudah pengguna untuk bergabung di klub Clubhouse tanpa perlu mengikuti atau follow klub tersebut. Terdapat pula pilihan by approval yang mana pengguna secara manual menerima satu per satu permintaan pengguna lain yang ingin menjadi anggota klub. 

"Apabila kalian adalah admin dari sebuah klub, kalian dapat mengatur klub tersebut dengan menjadikan keanggotaan klub secara terbuka atau semua orang dapat bergabung begitu saja menjadi anggota," demikian pernyataan Clubhouse.

Hal unik yang juga dihadirkan Clubhouse lewat pembaruan terbarunya adalah orientasi bagi pengguna baru setiap Kamis pukul 07.00 WIB.

Orientasi tersebut dilakukan melalui sebuah room bernama "New Member Orientation" atau "Orientasi Anggota Baru" yang dipimpin langsung oleh para pendiri Clubhouse, yaitu Paul Davidson dan Rohan Seth, serta Head of Community Clubhouse Anu Atluru. 

Clubhouse juga meluncurkan Creator Commons yang tak lain adalah platform untuk mendukung kesuksesan pada kreator.

Para pengguna, khususnya kreator dapat menemukan berbagai informasi tentang Clubhouse dan tips untuk membuat room maupun klub dengan berbagai topik menarik.

Mereka juga bisa mendapatkan informasi lengkap tentang bagaimana cara bekerjasama dengan merk maupun agensi. 

Clubhouse juga membuka sesi Town Hall setiap Minggu pukul 23.00 WIB di klub Clubhouse HQ. Di sesi ini, para pendiri serta Head of Community Clubhouse akan menyampaikan langsung informasi mengenai hal tersebut.

Sesi tersebut juga tersedia dalam Bahasa Indonesia setiap Rabu pukul 19.00 WIB.

Terakhir, Clubhouse juga menghadirkan fitur Audio Spasial yang membuat percakapan jauh lebih hidup. Fitur ini dirancang untuk membuat para pengguna tenggelam dalam percakapan dengan memmbuat audio yang didengarkan terasa lebih hidup dan dekat.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Erigo Tampil di New York Fashion Week & Buka Pop Up Store di Soho

BERIKUTNYA

Lenovo Rilis Yoga Slim 7 Carbon, Sudah Pakai Windows 11

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: