Ilustrasi (Dok. Vlada Karpovich/Pexels)

Coba Beberapa Langkah Ini untuk Mencegah Burnout

09 September 2021   |   09:32 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, akhir-akhir ini istilah burnout sering menjadi topik perbincangan di media sosial. Psikolog Amerika Serikat Herbert Freudenberger mendefinisikan burnout sebagai suatu kondisi hilangnya motivasi pada seseorang, terutama saat hal yang dikerjakan tidak mendatangkan hasil yang sesuai dengan harapannya.

Banyak penyebab seseorang bisa mengalami burnout di antaranya adalah memaksa diri untuk terus bekerja, kurang mendapatkan apresiasi pekerjaan dari atasan, memiliki beban kerja yang berat, atau memiliki pekerjaan yang monoton.

Psikolog Klinis Dewasa Mayapada Hospital Jakarta Selatan (MHJS) Pustika Rucita menuturkan pada masa pandemi, sindrom burnout cukup umum ditemukan pada seseorang yang bekerja dari rumah (WFH). 

 

Ilustrasi (Dok. DocuSign/Unsplash)

Ilustrasi (Dok. DocuSign/Unsplash)


“Beberapa tanda seseorang mengalami sindrom burnout di antaranya emosi cenderung tidak stabil, mudah merasa lelah, hingga sulit tidur atau istirahat yang cukup,” ucapnya dalam suatu diskusi virtual, belum lama ini.

Untuk mencegah terjadinya sindrom burnout dalam bekerja, Pustika memberikan beberapa tips sederhana seperti berikut ini.
 
  • Pastikan kebutuhan utamamu sebagai manusia sudah terpenuhi. Hal itu bisa dilakukan mulai dari istirahat yang cukup (minimal 6 jam), makan makanan bernutrisi, olahraga cukup dan melakukan aktivitas yang disenangi.
 
  • Jika memungkinkan, mulai harimu lebih awal di hari bekerja, sehingga kamu terbiasa untuk mempersiapkan diri dengan tenang.
 
  • Pisahkan ruang bekerja dengan kamar tidur. Hal itu dilakukan agar pikiran saat bekerja tidak mengasosiasikan ruang tidur dengan stres pekerjaan.
 
  • Sepadatnya pekerjaan, biasakan diri untuk mengambil istirahat pendek di tengah bekerja. Kamu bisa rehat dengan melakukan 2 menit stretching, 5 menit mengambil minum atau membuat kopi, 5 menit menyapa anggota keluarga di rumah dan seterusnya.
 
  • Biasakan membuat batasan dalam bekerja. Jika memungkinkan, tentukan kapan kamu mau menutup laptop atau mematikan handphone saat tidur.
 
  • Jika ada beban pekerjaan yang bisa dibagi dengan rekan kerja, maka lakukanlah agar kamu terhindar dari kelelahan yang berlebihan. Namun, jika tidak mungkin untuk dilakukan, maka kamu bisa melatih diri untuk mempraktikkan konsep ‘good enough’ dibandingkan dengan ‘perfection’.
 
  • Akhiri harimu dengan mengucapkan terima kasih kepada dirimu sendiri karena telah memberikan usaha yang cukup baik di hari itu, lalu cobalah beristirahat.


Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Pengunjung Museum Louvre Usia 12 Wajib Health Pass

BERIKUTNYA

Begini Kostum Baru Jason Momoa di Sekuel 'Aquaman'

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: