Agnez Mo jadi Duta Bangsa Bela Negara (Dok. Kementerian Pertahanan RI)

Didapuk Jadi Duta, Ini Arti Bela Negara bagi Agnez Mo

08 September 2021   |   10:32 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Nama Agnes Monica atau yang dikenal dengan Agnez Mo memang kerap menorehkan prestasi di dunia musik internasional, sehingga membawa kebanggaan bagi bangsa Indonesia. Hal itu pun yang akhirnya membuat Agnez Mo didapuk oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI sebagai Duta Bangsa Bela Negara. 

Selama berkarier di Amerika, Agnez Mo mengaku selalu membawa identitasnya sebagai orang Indonesia. Dia menunjukkan hal tersebut melalui karya-karya musiknya.

“Setiap kali saya diwawancara di sana (Amerika), saya tidak perlu bilang saya dari Indonesia, tetapi saya selalu bilang bahwa saya dari Indonesia. Begitu pun dalam karya saya, saya selalu pakai baju khas dari Indonesia. Artinya adalah, I choose to say that I’m from Indonesia,” kata Agnes dalam acara Ngopi Daring Bela Negara secara virtual, baru-baru ini.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by AGNEZ MO (@agnezmo)


Menurutnya, konsep bela negara zaman dulu dan sekarang telah berbeda. “Jika para pejuang dulu menggunakan beragam atribut kebangsaan untuk membela negara, sekarang itu dengan karya. Bisa di bidang entertainment, seni, politik, atau sosial,” imbuhnya.

Agnez percaya bahwa orang yang sukses bisa berpengaruh sekalipun dia tidak terjun dalam dunia politik. Dia membuktikannya, ketika dia juga pernah ditunjuk sebagai Duta MTV untuk EXIT (End Exploitation and Trafficking), untuk mengkampanyekan perang melawan perdagangan manusia.

“Saya percaya bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang belajar. Kalau kita mau turut membela negara, kita harus jadi orang terpelajar,” ungkap musisi yang pernah memenangkan ajang iHeartRadio Music Social Star Awards 2019 itu.

Dia juga berharap bahwa ke depan, negara bisa hadir dan menjadi bagian dari perjuangannya berkarir di dunia internasional.

Sementara itu, Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kemhan RI Mayjen TNI Dadang Hendra Yudha menilai bahwa prespektif Agnes tentang bela negara selaras dengan apa yang dipahaminya.

“Saya anggap Agnes ini adalah aset dan duta bangsa. Walau bagaimana pun, dia datang ke Amerika juga perlu sesuatu ada yang disuarakan di sana salah satunya adalah budaya Indonesia. Jadi, saya pikir bela negara itu dengan banyak karya bukan banyak gaya,” ungkapnya.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

7 dari 10 Anak Jarang Belajar saat Pandemi

BERIKUTNYA

Sudah Bisa Dipesan, Berikut Harga & Spesifikasi Smartphone Vivo Y21s

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: