Ilustrasi hubungan yang tidak sehat. (Dok. RODNAE Productions dari Pexels)

5 Cara Terbaik untuk Mengakhiri Hubungan Tidak Sehat

06 September 2021   |   23:10 WIB

Sebuah hubungan yang enggak sehat ternyata memiliki dampak yang besar pada fisik maupun mental. Secara fisik hubungan yang enggak sehat bisa menyebabkan kelelahan dan rasa sakit pada otot dan pencernaan. Secara mental bisa memicu kecemasan bahkan gangguan kesehatan mental seperti depresi atau trauma.

Keluar dari sebuah hubungan yang tidak sehat memang sulit, tapi lima tips ini bisa membantu Genhype untuk lebih cepat menyadarinya.

1. Jangan menolak fakta
Dalam keadaan tertentu, seringkali Genhype menolak fakta bahwa pasangan memberikan dampak buruk terhadap kalian bahkan sampai tidak bisa kehilangannya. Tapi ada perlunya untuk bertindak segera dengan memutuskan hubungan demu kesehatan mental dan kesejahteraan pribadi.

2. Lihat sisi lain yang baik
Putus dari sebuah hubungan enggak selamanya buruk, apalagi ketika Genhype ingin segera keluar dari sebuah hubungan yang enggak sehat. Coba untuk memahami apa kelebihan dari putusnya sebuah hubungan dan bawa kembali apa yang telah hilang selama menjalani hubungan, misalnya teman-teman, kesempatan tertentu, bahkan upaya bertemu orang baru.

3. Prioritaskan diri sendiri
Memprioritaskan kesehatan diri sendiri secara fisik dan mental juga tetap menjadi hal yang diutamakan ketika berada dalam sebuah hubungan. Hubungan yang enggak sehat berdampak pada kesehatan diri sendiri sehingga lebih baik untuk egois demi kesehatan yang lebih baik dibanding membiarkan diri tersiksa dalam sebuah hubungan.

4. Minta saran
Orang tua atau teman-teman yang sudah menjalani hubungan memiliki pendapat atau saran yang enggak ada salahnya untuk coba diterapkan pada hubungan Genhype. Jika kesulitan, kalian juga bisa mencari bantuan terhadap ahli profesional untuk meminta saran tentang mengakhiri sebuah hubungan yang enggak sehat.

5. Kelilingi diri dengan orang-orang baik
Lingkungan punya pengaruh terhadap pembentukan dan sikap diri, sehingga memiliki orang-orang yang baik bisa menjadi salah satu pendorong untuk memutuskan sebuah hubungan sekaligus memulihkan diri sendiri.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Entrepreneur Muda, Simak Nih Peluang Menumbuhkan Bisnis lewat Digitalisasi

BERIKUTNYA

HyunA & DAWN Tampil Penuh Warna dalam Trailer Video Klip Ping Pong

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: