Kanal Indonesiana (Dok. MediaHub)

Belajar Sejarah & Budaya Lebih Asyik di Kanal Indonesiana

06 September 2021   |   19:59 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Baru-baru ini salah satu unit bisnis TelkomMetra, Media Hub, berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI meluncurkan layanan pengelolaan, pemrosesan, dan broadcasting Kanal Indonesiana. 

Kanal Indonesiana merupakan sebuah kanal terintegrasi yang mempublikasikan pengetahuan dan informasi publik dalam bentuk tayangan audio-visual mengenai keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Kanal tersebut dapat diakses melalui www.indonesiana.tv, IndiHome channel 200 (SD) dan channel 961 (HD), serta OTT platform UseeTv Go dan UseeTV.com.
 

Kanal Indonesiana (Dok. MediaHub)

Kanal Indonesiana (Dok. MediaHub)

Menteri Kemendikbud Ristek Nadiem Makarim mengatakan pada era digital ini, upaya memajukan kebudayaan tidak dapat bergantung pada cara-cara lama, seperti pertunjukan langsung di atas panggung atau parade kebudayaan.

“Kita harus memanfaatkan teknologi yang memungkinkan promosi kebudayaan secara lebih luas, tidak hanya kepada masyarakat Indonesia, namun juga khalayak internasional,” ujarnya dalam rilis yang diterima Hypeabis.id, Senin (6/9).

Sebagai rekaman infrastruktur penyedia broadcasting, Media Hub membantu Kemendikbud Ristek secara full managed service untuk memiliki kanal dengan pengelolaan konten berbasis video on demand, dan linear channel 24 jam yang dapat ditayangkan pada media yang telah ditentukan, sehingga konten dan tayangan yang dimiliki Kemendikbud Ristek dapat dinikmati oleh khalayak luas.

“Kerja sama ini dilakukan guna memfasilitasi Kemendikbud Ristek dalam mengelola program video sehingga dapat mengontrol hak siar dan mempunyai kuasa penuh atas konten-konten tersebut agar budaya Indonesia tetap lestari dan dikenal lebih luas, baik di dalam maupun luar negeri,” kata Direktur Utama TelkomMetra Pramasaleh Hario Utomo.

Adapun, infrastruktur broadcasting yang dimiliki Media Hub juga membantu dalam hal operasional serta mendistribusikan Kanal Indonesiana sehingga Kemendikbud Ristek dapat fokus dalam hal produksi, penyediaan, kurasi, dan inventory konten yang akan ditayangkan.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Levi's & New Balance Kolaborasi Lagi Rilis Sneaker Denim

BERIKUTNYA

Young K Ungkapkan Janji Setia dalam Lagu Guard You

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: