Ilustrasi stand up comedy. (Dok. Stewart Munro dari Unsplash)

Dark Comedy Atau Dark Joke, Hiburan Kontroversial yang Bisa Redakan Stres

05 September 2021   |   16:40 WIB

Selama beberapa tahun terakhir, konten komedi beraliran dark comedy atau dikenal sebagai dark jokes mulai populer di kalangan masyarakat. Jenis komedi ini sering membahas hal-hal yang umumnya dianggap tabu seperti kematian, pembunuhan, bunuh diri, pemerkosaan, perang dan lain-lain.

Meski seringkali respons yang ditampilkan masyarakat bercampur, antara menerima atau menganggap sangat menyinggung atau offensive, aliran ini kini dianggap sebagai komedi berbeda.

Dark comedy atau sebagian menyebutnya sebagai black comedy merupakan salah satu aliran hiburan yang mengambil materi dari berbagai kejadian yang terkesan ironis atau tragis dengan melihat sesuatu yang menakutkan atau menyedihkan dari sudut pandang yang lucu. Kondisi yang disajikan bervariasi dari kematian, musibah, insiden, bahkan penyakit.

Mengutip dari Psychology Today, dark comedy bisa ditelisik kembali dari penggunaannya di kalangan tentara yang seringkali berhadapan dengan situasi yang menyeramkan sebagai upaya untuk mengendalikan stres dari pekerjaannya. Biasanya humor ini menyajikan hal yang absurd, tidak logis, atau keputusasaan dari situasi yang terjadi.

Meski seringkali menimbulkan kontroversi, dark comedy ternyata memiliki manfaat, di antaranya adalah mengurangi respons stres psikologis, mengurangi kekacauan emosional, dan mengurangi emosi negatif.

Ini ternyata disebabkan karena dark comedy biasanya mengambil sudut pandang yang tidak seberapa buruk dari sebuah tragedi sehingga seseorang akan menangkapnya akan melihat apa yang menyakitkan dengan interpretasi yang tidak menyakitkannya.

Hal inilah yang kemudian memunculkan cara baru dalam merespons sebuah tragedi yang semula membiarkan diri merasakan berbagai perasaan negatif seperti putus asa, marah, takut, hingga jijik terhadap diri sendiri menjadi teralihkan sehingga dampak emosionalnya tidak terlalu buruk.

Dampak akhirnya adalah pada bagaimana akhirnya seseorang bisa menerima kenyataan atau tragedi yang dialaminya menjadi sesuatu yang berbeda melalui penyampaian dark comedy.

Akan tetapi, hal ini akan kembali lagi individu masing-masing apakah yang bersangkutan ingin menerima candaan tersebut atau tidak mengingat karakteristik dark comedy yang bisa dilihat sebagai sesuatu yang menyinggung.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Suka Gemeretakkan Gigi saat Tidur? Ini Penyebabnya

BERIKUTNYA

Ganda Campuran Leani-Hary Rebut Emas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: